Beranda NASIONAL Siap Jadi Tuan Rumah yang Baik, Berbagai Agenda Nasional Terpusat di NTB

Siap Jadi Tuan Rumah yang Baik, Berbagai Agenda Nasional Terpusat di NTB

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Bangkitnya Provinsi Nusa Tenggara Barat secara perlahan terus menunjukkan dirinya. Pasalnya, berbagai agenda tingkat nasional kini terpusat di NTB.

Berkaitan dengan itu, Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar press conference di Mataram, Jum’at 28 Februari 2020.

Turut hadir Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy, Kasat Pol PP Provinsi NTB, Lalu Dirjaharta.

Kemudian, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Marjito, Ketua Panitia Advocacy Horizontal Learning (AHL) KSB-NTB, Amry Rakhman (Kepala Dinas PU Sumbawa Barat).

Adapun berbagai kegiatan agenda nasional yang terpusat di NTB, yaitu berkaitan dengan HUT Satuan Pol PP ke 70 dan HUT Satuan Linmas ke 58.

Tak hanya itu, agenda nasional lainnya adalah Advocacy Hotizontal Learning (AHL) terkait Percepatan Pembangunan Pencapaian BASNO di NTB dan Implementasi Pengelolaan Sanitasi Aman di Sumbawa Barat (KSB).

Berkaitan dengan sejumlah agenda tersebut, pada dasarnya NTB selaku tuan rumah menyatakan kesiapan teramat menyukseskan berbagai kegiatan nasional tersebut.

Kepala Satuan Pol PP NTB, Lalu Dirjaharta mengungkapkan, peringatan HUT Pol PP dan Linmas merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Kemendagri.

Dan pada tahun ini, NTB ditunjuk sebagai tempat pelaksanaannya. Adapun tema yang diangkat, yaitu peningkatan profesionalisme Sat Pol PP dan Linmas menuju Indonesia maju.

Berita Terkait:  Dirjen PSLB3 : Ayo Bersama Kita Wujudkan NTB Bebas Sampah

“Kegiatannya terpusat di Kota Mataram. Selain itu juga dilaksanakan rapat koordinasi nasional (rakornas) di hotel Lombok Raya,” kata mantan Karo Pemerintahan Setda NTB tersebut.

Menurutnya ini merupakan kesempatan yang baik bagi NTB. Sebab, melalui agenda nasional itu dapat sekaligus mempromosikan pariwisata serta mengabarkan bahwa NTB sudah pulih dan bangkit dari bencana (gempa bumi) lalu.

Untuk diketahui masih kata Dirjaharta, Pol PP dan Linmas akan berperan penting dalam pilkada serentak 2020. Sehingga Sat Pol PP dan Linmas juga dituntut mengambil bagian demi suksesnya pilkada 2020 di kabupaten/kota se-Indonesia, khususnya di NTB sendiri.

“Dan ini akan menjadi tugas berat Sat Pol PP dan Linmas. Karena kami juga dituntut berperan dalam menciptakan kondusifitas serta kelancaran demi suksesnya nomentum pilkada serentak,” terangnya.

“Makae dari itu, khususnya di NTB dalam mendukung NTB yang gemilang, kita harus menjaga stabilitas dan kondusifitas daerah menghadapi pilkada tahun ini,” imbuh Dirjaharta mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga stabilitas dan kondusifitas daerah.

Sementara itu, Ketua AHL KSB-NTB, Amry Rakhman menjelaskan, bahwa pada tanggal 3 dan 4 Maret mendatang juga akan ada kegiatan nasional yang terpusat di KSB yaitu Advocacy Horizontal Learning dengan Tema Tuntaskan BASNO (Buang Air Sembarangan Nol) di NTB.

Berita Terkait:  BAF Peduli Pendidikan Anak Indonesia

Pada kegiatan ini kata dia, akan fokus soal Percepatan Pencapaian BASNO di NTB dan Implememtasi Pengelolaan Sanitasi Aman di KSB. Selain itu bertujuan juga melakukan sharring pengalaman dan pembelajaran pencapaian BASNO/Stop BABS/ODF menuju sanitasi aman pada setiap kabupaten/kota Se-Indonesia, khususnya di NTB. Termasuk pula melaunching Roadmap BASNO NTB 2020-2024.

“Kita juga secara bersama-sama nantinya akan mengindientifikasi pengalaman dan pembelajaran dalam meningkatkan capaian BASNO/Stop BABS/ODF menuju sanitasi aman pada setiap kabupaten/kota dalam mewujudkan desa/kelurahan sehat dan cerdas berbasis masyarakat,” kata Amry Rakhman.

“Termasuk memantapkan komitmen dan strategi pemerintah setiap kabupaten/kota untuk menjadikan daerahnya 100 persen Stop BABS/ODF menuju sanitasi aman. Melakukan advokasi rencana pengelolaan sanitasi aman melalui program sanitasi total berbasis masyarakat pada setiap kabupaten/kota terutama di Provinsi NTB,” imbuh pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas PU KSB itu.

Berkaitan dengan BASNO di NTB ditambahkan, Sekretaris Dinas Kesehatan NTB, Marjito pihaknya mengaku telah melakukan berbagai upaya maksimal. Antara lainnya melibatkan media massa, elemen masyarakat lainnya serta menggalakkan sosialisasi.

Berita Terkait:  Pemerintah Terus Bersinergi Tangani COVID-19

Kendati di NTB terbilang mengalami perubahan cukup baik lanjutnya, namun ia menegaskan persoalan BASNO atau Buang Air Besar Sembarangan diperlukan kesadaran masyarakat. “Jadi berkaitan dengan ini sangat penting sekali mengubah prilaku dan meningkatkan kesadaran masyarakat. Dan kami juga terus berupaya dengan melakukan berbagai cara termasuk menggandeng sejumlah elemen masyarakat,” demikian sembari berharap kedepan dapat lebih baik lagi.

Diakhir Karo Humas dan Protokol Setda NTB, Najamuddin Amy menerangkan berkaitan dengan berbagai agenda tersebut, NTB telah melakukan berbagai persiapan matang demi suksesnya kegiatan tingkat nasional di NTB.

“Sebagaimana disampaikan tadi, Insya Allah intinya kita siap menjadi tuan rumah yang baik dan menyukseskan agenda-agenda atau kegiatan nasional di NTB ini. Tentunya juga kita harapkan dukungan dan kerjasama semua pihak,” singkatnya.

Sekedar informasi, melalui agenda nasional ini juga beberapa kegiatan berlangsung dari tanggal 21 Februari hingga 3 Maret mendatang. Khusus agenda HUT Pol PP dan Linmas, beberapa rangkaian kegiatan juga terlaksana. Diantaranya, kegiatan bersih-bersih lokasi acara puncak di Eks Bandara Selaparang termasuk di Pantai Melase, Donor Darah, Bazar UMKM, Gala Dinner dan Rakornas serta lainnya. (red)