Beranda NASIONAL Kasum TNI Tinjau Progres RTG di Lombok Barat

Kasum TNI Tinjau Progres RTG di Lombok Barat

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK BARAT — Kedatangan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto disambut Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid bersama Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani melakukan peninjauan Rumah Tahan Gempa (RTG) yang telah selesai dibangun dan ada beberapa masih dalam progres pembangunan korban gempa tahun 2018 lalu, di Dusun Wadon, Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Rabu (12/3).

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid di sela-sela peninjauan mengatakan Kasum TNI Letnan Jenderal Joni Supriyanto ingin melihat sejauh mana progres pembangunan RTG di Nusa Tenggara Barat (NTB) secara umum dan lebih khusus lagi di Kabupaten Lombok Barat.

Fauzan menambahkan, Dusun Wadon, Desa Kekait ini dipilih karena merupakan salah satu lokasi yang terdampak gempa tahun 2018 lalu dengan tingkat kerusakan paling parah di Kecamatan Gunungsari.

“Peninjauan pembangunan RTG ini, kita pastikan pembangunan yang sudah jadi 100 persen dan sudah bisa ditempati oleh masyarakat korban gempa. Dan ada beberapa persen masih dalam progres untuk kita percepat pembangunannya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lobar Mahnan menjelaskan, di Desa Kekait ini sebanyak 1.210 unit Rusak Berat, 506 unit Rusak Sedang dan 351 unit Rusak Ringan dari korban gempa tahun 2018 lalu.

“Untuk mendukung penuntasan sisa pembanguan RTG di Desa Kekait dari hasil pekerjaan, untuk pembangunan rumah masyarakat kita yang sudah jadi sebanyak 782 unit dan masih dalam progres 428 unit dari jumlah 1.210 unit Rusak Berat,” tuturnya.

Mahnan berharap, kedepan semoga Pembangunan RTG ini cepat tuntas karena ini cukup lama sudah satu tahun lebih masyarakat yang terkena gempa masih ada masyarakat yang belum menempati rumahnya.

“Walaupun dari kesiapan pendanaan dari pusat sudah kita salurkan. Sehingga sekarang ini progres pembangunan untuk dipercepat, semoga dengan kedatangan Kasum TNI Letnan Jenderal Joni Supriyanto dan jajaran TNI untuk bisa mensupport masyarakat untuk segera menuntaskan pembanguan RTG,” harapnya. (red)