Beranda NASIONAL Dapat Bantuan Pusat, Sumbawa Bakal Produksi Benih Bawang Merah

Dapat Bantuan Pusat, Sumbawa Bakal Produksi Benih Bawang Merah

BERBAGI
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Ir. Sirajuddin.

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Tahun 2019 ini Kabupaten Sumbawa mendapatkan bantuan pengadaan benih bawang merah sebanyak 20 ton. Bantuan benih ini akan dibagikan kepada puluhan kelompok tani. Hasil produksi dari bawang tersebut nantinya akan diupayakan untuk menjadi bibit.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Ir. Sirajuddin membenarkan adanya bantuan 20 ton benih bawang merah tersebut. Rencana awal, benih dibagikan kepada 31 kelompok tani. Namun hasil evaluasi, ada yang bermasalah dengan sumber air, sehingga menjadi 24 kelompok. “Dari 31 kelompok, menjadi 24 kelompok untuk 20 ton tersebut,” ujarnya, Rabu (11/9).

Berita Terkait:  TNI AD Siap Bantu Sukseskan Rehab Rekon di NTB 

Dijelaskannya, pengadaan benih bawang merah ini bantuan dari pemerintah pusat. Saat ini sudah ada pemenang tendernya. Rencananya bantuan benih ini akan ditanam pada MK 2  dengan waktu 60 hari. Sehingga ditargetkan panen pada musim hujan atau akhir Oktober. Nantinya hasil produksi dari bawang merah ini bisa menjadi ratusan ton. Hasil produksi inilah yang akan dijadikan benih nantinya.

“Harapan saya 20 ton benih yang kita tanam nanti, itu seluruhnya  akan saya jadikan untuk benih sertifikasi. Saya sudah bekerjasama dengan balai sertifikat benih. Harapan kita nanti pengadaan bawang merah itu dari kita kedepannya. Tidak lagi ngambil dari luar,” terangnya.

Berita Terkait:  Insan KKP Canangkan Gerakan Cinta Laut

Selain bawang merah, lanjutnya, untuk bawang putih rencananya areal tanam 100 hektar tahun 2019. Pengembangannya di wilayah Kecamatan Ropang dan Batu Lanteh. Seluruh hasil produksi bawang putih ini juga nantinya akan disertifikasi menjadi sumber benih.

“Jadi kita bantu sekarang dalam pengembangannya. Tapi juga saya berharap  sebagai sumber benih. Sehingga  ada incumb yang lebih tinggi daripada jual konsumsi bagi masyarakat kita. Harapan kita tidak saja sembalun sebagai tempat kita minta benih  bawang putih, kenapa tidak Sumbawa,” pungkasnya. (NM3)

Berita Terkait:  Gubernur NTB Dampingi Wapres Resmikan Fasilitas Ponpes Dea Malela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here