NASIONAL

Danramil Sumbawa Berikan Wasbang di Pelatihan Linmas

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Siapkan Satuan Pelindung Masyarakat (Linmas) yang handal serta mempunyai wawasan kebangsaan di wilayah binaannya, Danramil 1607-01/ Kota Kapten Inf Tamtanus berikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dalam kegiatan pembinaan Linmas bertempat di Gedung Serba Guna Desa Nijang, Kecamatan Unter Iwes, Selasa (15/10).

Dandim 1607/Sumbawa Letkol Inf. Syamsul Huda SE., M.Sc

Wasbang yang diberikan oleh Danramil Kota bertujuan agar anggota Linmas tidak lupa akan sejarah dan hal-hal terkait lainnya dengan keutuhan bangsa Indonesia. Selain itu hal ini merupakan bagian upaya dalam rangka meningkatkan nasionalisme dan rasa kebangsaan warga negara sebagai suatu bangsa, yang bersatu dan berdaulat dalam suatu wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga:  Desak Food Estate Gunung Mas Dihentikan, Johan Rosihan : "Buang-Buang Anggaran"

Dijelaskan Danramil, kondisi Wawasan Kebangsaan Indonesia saat ini, khususnya tentang Bela Negara harus menjadi perhatian kita semua sebagai generasi penerus bangsa dan negara yang tercinta ini.

“Dalam pelatihan Linmas ini merupakan salah satu tugas kami untuk membina komponen cadangan Sistem Pertahanan dan Keamanan Nasional serta bekal bagi anggota Linmas sehingga akan tumbuh rasa cinta tanah air,” jelas Danramil.

Selain memperkuat Wawasan Kebangsaan dan meningkatkan kesadaran Bela Negara, hal itu juga untuk mengembangkan kemampuan diri di lingkungan masyarakat, dalam rangka menghadapi berbagai potensi permasalahan yang akan dihadapi, apabila nanti para perangkat Linmas bertugas di masyarakat.

Baca Juga:  Sumbawa Dapat Bantuan 31.410 Kg Benih Jagung

“Yang terpenting adalah para perangkat Linmas harus mampu menghadapi permasalahan mulai dari terorisme, radikalisme, separatisme serta tidak kalah pentingnya yaitu narkoba. Sebagai pelayan masyarakat, perangkat Linmas harus mampu menghadapi itu semua dan membawa Indonesia yang lebih maju dimasa yang akan datang,” tambahnya

Sementara Komandan Kodim 1607/Sumbawa, Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, S.E, M.Sc menanggapi kegiatan yang dilakukan oleh Danramil Kota menurutnya, perangkat Linmas di desa harus mampu menjadi sosok yang bisa di teladani oleh masyarakat, tidak hanya cerdas dalam memiliki mental kualitas ideologi serta jiwa kepemimpinan yang kuat.

Baca Juga:  Sumbawa Dapat Bantuan 31.410 Kg Benih Jagung

“Bangsa Indonesia memiliki Wawasan Kebangsaannya sendiri yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan berdasarkan nilai-nilai itu bangsa Indonesia memiliki cara pandang untuk melangkah ke depan dalam mencapai tujuan nasional,” pungkas Dandim. (red)