Beranda NASIONAL Dana Rp 167,9 Miliar Siap Dicairkan ke Rekening Warga

Dana Rp 167,9 Miliar Siap Dicairkan ke Rekening Warga

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK UTARA — Dana sebesar Rp 167,9 miliar dinyatakan siap dicairkan ke rekening warga dalam waktu dekat ini. Dana tersebut telah ditransfer oleh pusat dan diterima pemerintah daerah lombok utara.

Dimana dana itu diperuntukkan khusus melakukan percepatan pembangunan rumah warga di KLU. Kabar baik itu disampaikan langsung oleh Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar saat memberikan arahan pada apel kesiapsiagaan yang dihadiri seluruh fasilitator se KLU, kemarin.

“Alhamdulillah, kami sudah menerima SK untuk pembangunan tahap berikutnya dengan dana yang dititipkan oleh pemerintah pusat kepada kita sejumlah 167,9 miliar rupiah,” kata Bupati.

Berita Terkait:  Kementerian PUPR Hibahkan Excavator Untuk Sumbawa

Jika dirata-ratakan untuk pembangunan rumah dengan kategori rusak berat saja, maka dana 167.9 M tersebut cukup untuk membiayai pembangunan RTG (rumah tahan gempa) warga sampai dengan SK 25.

Kendati demikian, adanya kekhawatiran pemerintah terhadap perubahan status rumah warga yang rusak sedang menjadi rusak berat karena tidak ditangani dengan cepat, maka pemerintah daerah juga akan memfokuskan pembangunan untuk rumah warga yang berstatus rusak sedang.

“Karena kekhawatiran kita rusak sedang ini akan berubah status menjadi rusak berat kalau tidak segera ditangani. Maka kemungkinan SK yang bisa terlayani adalah dari 22 sampai 24,” jelasnya.

Berita Terkait:  Menpar RI : NTB Jagonya Wisata Halal

Ia juga menghimbau kepada seluruh unsur terkait dapat memaksimalkan kemampuan dan bertindak profesional dalam mendorong percepatan rehab rekon di Lombok Utara.

Sehingga kata Bupati, pembangunan rumah warga bisa terselesaikan sesuai target waktu yang telah ditetapkan yaitu sampai dengan tanggal 31 Maret mendatang.

“Saya yakin sekali lagi, berat dan ringannya kita merasakan tugas itu sangat tergantung dari pada keikhlasan kita untuk melaksanakannya,” kata Najmul.

“Walaupun tugas itu ringan tetapi kita tidak ikhlas melakukannya maka tugas yang ringan itu akan terasa sangat berat,” imbuh orang nomor satu di KLU itu.

Berita Terkait:  Diusulkan, Mobil Listrik Bisa Digunakan di Sirkuit MotoGP Mandalika

Lebih lanjut dikatakannya, ia akan kembali berkunjung ke Jakarta bersama Dandim dan Kapolres Lombok Utara untuk meminta pencaiaran dana berikutnya kepada BNPB.

Dengan harapan masih kata Bupati Najmul agar pembangunan RTG warga untuk SK selanjutnya bisa digulirkan dalam waktu secepatnya. “Kami akan ikhtiarkan. Mudah-mudahan akan bisa cepat dilakukan oleh BNPB,” demikian. (red)