Beranda HEADLINE Vaksin COVID-19 Tiba di NTB

Vaksin COVID-19 Tiba di NTB

BERBAGI

MATARAM — Kabar baik, Selasa (5/1) vaksin sinovac untuk Corona Virus Disease 2019 atau kerap disebut (COVID-19) kini telah tiba di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Vaksin tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, HL Gita Ariadi didampingi Kepala Dinas Kesehatan NTB, Nurhandini Eka Dewi di Kantor Dikes setempat.

Kadikes menerangkan bahwa ada sebanyak 28.760 dosis vaksin sinovac yang tiba di NTB hari ini. Untuk tahap pertama, lanjutnya, akan di vaksin 14 ribu Tenaga Kesehatan se-NTB.

Berita Terkait:  77 Anak di NTB Positif Corona, Bayi dan Balita Mendominasi

Jumlah Nakes yang di vaksin pada tahap pertama ini setengah dari total Nakes di NTB yang mencapai 30 ribu lebih. Jadwal vaksinasi sendiri, kata Eka kerap ia disapa, kemungkinan pada tanggal 22 Januari meski demikian jadwal tersebut belum bisa di pastikan.

“Untuk tahap pertama kemungkinan pada tanggal 22 Januari, nanti apakah ada perubahan kita lihat saja, pada tahap pertama ini yang di vaksin dulu adalah tenaga kesehatan,” kata Kadikes NTB.

Berita Terkait:  Almarhum Uji Siswanto Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Dijelaskannya, vaksinasi tahap pertama di mulai pada bulan Januari hingga Maret. Sementara untuk tahap kedua, akan dilakukan setelah vaksin tahap pertama rampung.

Pada tahap kedua, lebih lanjut disampaikannya, juga menyasar tenaga kesehatan dan petugas peyalanan publik. Sementara untuk masyarakat umum akan di vaksin usai tenaga kesehatan dan pelayanan publik rampung di vaksin.

“Untuk masyarakat umum belum. Kita tuntaskan dulu vaksinasi untuk tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik,” demikian Kadikes NTB.

Berita Terkait:  TP PKK KLU Serahkan Bantuan Paket Kesehatan di Tanjung

Sementara itu, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah berharap dengan adanya vaksin ini menjadi upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 di NTB dan dapat mengakhiri pandemi.

“Alhamdulillah Vaksin Covid-19 sudah tiba di NTB. Insya Allah, mulai dilakukan vaksinasi tanggal 14 Januari ini. Mudah-mudahan pandemi ini segera berlalu,” ucap Gubernur sembari mengamini.

Sekedar informasi, berdasarkan pantauan media ini, tibanya vaksin sinovac di Kantor Dikes NTB juga turut dikawal langsung oleh pihak Kepolisian. Secara umum berjalan lancar. (red)