Beranda KESEHATAN Sudah 64 Kasus, Gigitan HPR Terus Bertambah

Sudah 64 Kasus, Gigitan HPR Terus Bertambah

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Pengendalian sebaran Rabies, salah satunya dengan cara mengeliminasi HPR  tampaknya belum cukup efektif. Pasalnya, kasus gigitan HPR di Kabupaten Sumbawa terus bertambah.

Data terbaru Dinas Kesahatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa Per 6 Maret 2019, tercatat 64 kasus gigitan HPR. Persebarannya pun semakin meluas, kini sudah tersebar di 18 kecamatan.

Sekretaris Dikes Kabupaten Sumbawa Ir. Darmasyah, mengatakan, dari 64 kasus gigitan tersebut, korban gigitan didominisasi perempuan dan anak. Sampai saat ini, Kecamatan Tarano dan Sumbawa masih menjadi wilayah dominan.

Berita Terkait:  NTB Siap Produksi Masal Alat Rapid Test RI-GHA

“Tim gerak cepat terus bekerja. Mereka kami harapkan dapat melakukan eliminasi sebanyak mungkin terhadap HPR tidak bertuan. Harapan kita, setelah divakasin, agar HPR jangan sampai di lepas lagi,” ujarnya Jum’at (8/3).

Terkait ketersedian Vaksin di kecamatan sejauh ini masih cukup. Stock di kecamatan cukup banyak, bahkan sampai 8 vial di kecamatan yang dianggap dominan.

Sementara, terhadap stock di Kabupaten sudah tidak terlalu banyak.  Karenanya pihak Dikes sudah mengajukan permohonan penambahan vaksin sebanyak  150 vial.

Berita Terkait:  SWE Diharapkan Motivasi Kaum Perempuan Membangun NTB

“Insya Allah segera sampai. Tetapi kita tidak terlalu khawatir, karena stock yang ada di kecamatan masih cukup,” pungkasnya. (NM3)