Beranda KESEHATAN Sekda KLU Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Sekda KLU Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

BERBAGI
Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara (KLU), H Suardi. (Foto : Istimewa)

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK UTARA – Dalam memperingati hari Bumi 2019 Pemerintah Kabupaten Lombok Utara dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup KLU, menyelenggarakan acara yang bertajuk “Gemar Membatik (Gerakan Masyarakat Membatasi dan Mengatasi Bahaya Sampah Plastik) khususnya di daerah Kabupaten Lombok Utara, Rabu (24/4).

Dalam acara tersebut, turut hadir Sekda KLU Drs. H. Suardi, Asisten III Setda Provinsi NTB Ir. Hj. Hartina, Sekdis DLHK Provinsi NTB Syamsuddin, S. Hut, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Para Camat, Para Kepala Desa, dan Kelompok Swadaya Masyarakat Pengelola Sampah.

Berita Terkait:  Direktur RSMA : "Terimakasih Satgas Lawan COVID-19 DPR"

Dari laporan Kepala Dinas Lingkungan Hidup KLU  H. Rusdi, ST. MM, latar belakang terselenggaranya acara tersebut adalah berdasarkan terbitnya Perda KLU No 3 Tahun 2018 tentang pengelolaan sampah.

Dimana pengelolaan sampah harus dilakukan secara terpadu dan menyeluruh melalui peran serta Pemerintah Daerah sebagai wujud pelayanan dan perlindungan masyarakat untuk menjaga kualitas lingkungan hidup yang bersih dan sehat serta menjadi solusi terhadap permasalahan sampah yang timbul di dalam penyelenggaraannya.

Strategi-strategi yang telah dilakukan oleh DLH KLU dalam mengatasi permasalahan sampah di Lombok Utara, selain memberdayakan masyarakat dalam pengelolaan sampah, H. Rusdi juga menjelaskan bahwa langkah yang sedang di jalankan saat ini adalah membranding kendaraan pengangkut sampah yang ada dengan latar wisata KLU agar terlihat menarik dan tidak jorok.

Berita Terkait:  Aksi Bergizi untuk Generasi Emas NTB

“Kami tempatkan destinasi-destinasi wisata di mobil kami, ini kami branding 5 mobil, mudah-mudahan secara bertahap kami semua akan membuat branding mobil sebagai kampanye tidak hanya numpang di baliho-baliho ditempat tertentu” tutur H. Rusdi

Sementara itu, Sekda Kabupaten Lombok Utara Drs. H. Suardi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa permasalahan sampah di Lombok Utara sering menjadi gangguan di tengah masyarakat terkait dengan kesehatan bahkan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke daerah Lombok Utara.

“Ketika itu terus kita biarkan tentu kehidupan kita, orang tidak akan datang kemari dan tentu itu akan bisa menimbulkan penyakit buat kita” ucap Sekda KLU

Berita Terkait:  Jumlah Posyandu Keluarga di NTB Terus Meningkat

Dalam rangka memperingati hari bumi tersebut, H. Suardi mengajak kepada seluruh masyarakat agar bersama untuk menjaga lingkungan dari permasalahan sampah terutama masalah sampah plastik karena dalam menangani masalah sampah bukanlah tugas dari DLH KLU sendiri tetapi merupakan tanggung jawab bersama. (NM2)