Beranda KESEHATAN RSUD Baru Bakal Jadi Pusat Operasi Kesehatan

RSUD Baru Bakal Jadi Pusat Operasi Kesehatan

BERBAGI
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sumbawa, dr. Dede Hasan Basri. (Foto : Robby-NM)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — RSUD Sumbawa kembali melakukan kerjasama dengan Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Sebelumnya dalam hal pendidikan dan kali ini dalam bentuk pelayanan kesehatan yaitu tindakan operasi terhadap pasien.

Direktur RSUD Sumbawa, dr. Dede Hasan Basri mengatakan, kerjasama yang dilakukan bersama RS Universitas Airlangga yaitu dalam tindakan operasi terhadap pasien. Seperti operasi bedah sarap, plastik, jantung dan operasi lainnya.

“Jadi maksudnya itu semua operasi, operasi apapun itu baik bedah sarap, maupun operasi jantung untuk wilayah timur  khususnya NTB nanti dilakukannya di kita,” ujarnya kepada wartawan.

Berita Terkait:  Wagub NTB Semangati Tenaga Kesehatan di Sumbawa

Diungkapkannya, kerjasama ini baru akan dimulai ketika pembangunan RSUD Sumbawa baru sudah terselesaikan. Sebelum kegiatan dilaksanakan, pihak RS Universitas Airlangga meminta agar dapat lebih dahulu meninjau ruangan kamar operasi (OK) berkaitan dengan operasi yang dilakukan.

“Jadi mereka harapan untuk kedepannya, bila rumah sakit kami itu sudah rampung, jadi ditempat kami itu atau di rumah sakit kami kedepannya itu adalah menjadikan salah satu anak mungkin ya bagi mereka dari Rumah Sakit Airlangga. Jadi nanti mungkin dari mataram atau dari Bima dompu se pulau sumbawa akan melakukan operasinya disini,” tambahnya.

Berita Terkait:  Sudah 64 Kasus, Gigitan HPR Terus Bertambah

Diterangkannya, RS Universitas Airlangga akan menyediakan dokter, sedangkan RSUD Sumbawa menyediakan peralatan pendukung dan SDM lainnya.

“Tenganya itu datang dari mereka, kalau peralatannya tetap di kami. Jadi kami diminta untuk semua peralatan dan semua alat baik itu dari segi ruangan alat dan untuk SDM itu lah kami disuruh persiapakan untuk kedepannya. Semua SDM yang ada sekarang ini apabila perlu pelatihan, kami akan pelatihan kan,” jelasnya. (NM3)