Beranda KESEHATAN Ratusan Orang di Sumbawa Positif DBD

Ratusan Orang di Sumbawa Positif DBD

BERBAGI
Ilustrasi (Foto : Istimewa)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Sebanyak 216 orang dilaporkan positif terkena virus Demam Berdarah Dengue (DBD), hingga bulan Mei 2019 lalu. Dari jumlah tersebut, kasus tertinggi terjadi di Kecamatan Sumbawa dengan 58 kasus.

Selain di Kecamatan Sumbawa, kasus DBD terjadi juga di Kecamatan lainnya yaitu Labuhan Badas sebanyak 48 Kasus, Unter Iwes sebanyak 20 kasus dan sisanya menyebar dibeberapa kecamatan. Sementara untuk Kecamatan Maronge, Orong Telu, Lunyuk dan Buer belum ada laporan.

Berita Terkait:  Melegakan, Total 200 Orang di NTB Sembuh dari Corona

Kepala Dikes Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Pencegahan, Pengendalian dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Agung Riyadi., mengatakan, kasus DBD di Kabupaten Sumbawa mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2018 lalu dengan periode yang sama. Namun peningkatannya tidak terlalu signifikan.

“Ada peningkatan dibandingkan tahun lalu, namun tidak signifikan. Wilayah kota mendominasi dikarenakan kepadatan penduduk, perilaku masyarakat, dan lingkungan yang kurang bagus atau perlu ada pembenahan,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (27/06).

Diungkapkannya, tidak ada kasus kematian diantara ratusan orang yang terjangkit DBD tersebut. Guna meminimalisir adanya korban, pihaknya terus berupaya melakukan penyuluhan terkait DBD kepada masyarakat. Selain itu, ia meminta agar masyarakat tetap waspada, yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar serta memantau keberadaan jentik nyamuk.

Berita Terkait:  Samakan Frekuensi Lewat Rakor Jakstrada Pengelolaan Sampah 

“Upaya tetap kita lakukan, penyuluhan-penyuluhan tetap kita lakukan. Kita tidak bisa banyak melakukan apa-apa kecuali masyarakat bergerak. Kalau fogging setiap minggu kita adakan, dimana yang kami lihat ada peningkatan kasus, kami fogging. Hari jum’at juga kita fogging di berang bara,” tukasnya. (NM3)