Beranda KESEHATAN MUI Dampingi Pemberian Vaksin MR

MUI Dampingi Pemberian Vaksin MR

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Dalam pemberian vaksin imunisasi Measles-Rubella (MR) saat ini, Dinas Kesehatan akan didampingi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumbawa.

Selain sudah dinyatakan diperbolehkan, pendampingan dilakukan agar tidak adanya keraguan lagi di tengah-tengah masyarakat.

Ketua MUI Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag mengatakan, pemberian vaksin MR beberapa waktu memang sempat ditolak berdasarkan kandungan atau kehalalannya.

Namun oleh MUI berddasarkan fatwa terbaru Nomor 33 Tahun 2018, pemberian vaksin tersebut dikatakan mubah atau diperbolehkan.

Berita Terkait:  Kondisi Dua Warga NTB Positif COVID-19 Berangsur Membaik

“Saat ini kami sedang mendampingi  Dinas Kesehatan daam rangka penguatan imunisasi Rubella, yang beberapa waktu terakhir kemarin ditolak oleh masyarakat,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (28/2).

Dipaparkannya, ada sejumlah pertimbangan dalam memperbolehkan penggunaan vaksin MR. Pertama, selama belum ditemui adanya imunisasi yang betul-betul halal atau terbebas dari zat yang dilarang oleh agama, maka dibolehkan oleh ulama.

Kajiannya memang sangat dalam dan panjang. Kemudian bebeberapa ayat Al Qur’an, hadist rasulullah dan pandangan para ulama menjadi dasar Komisi Fatwah MUI pusat untuk membolehkan penggunaan vaksin MR.

Berita Terkait:  Waspada Rabies, Tim P2R Sisir Seluruh Desa di Wilayah Tarano

“Sehingga kedepan kita berharap dengan apa yang dilakukan pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas terkait dan pendampingan oleh MUI masyarakat tidak perlu lagi ragu untuk melakukan imunisasi terhadap anaknya yang dalam kondisi masih bayi. Karena banyak sekali manfaat kaitan dengan keesehatan  dan tumbuh kembang anak,” tukasnya. (NM3)