Beranda KESEHATAN Menuju Akreditasi, 7 Puskesmas di Sumbawa Dalam Penilaian

Menuju Akreditasi, 7 Puskesmas di Sumbawa Dalam Penilaian

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Upaya Pemda Sumbawa dalam meningkatkan puskesmas berakreditasi kian serius. Pasalnya tim surveyor dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementrian Kesehatan RI telah tiba di Sumbawa.

Tim yang berjumlah 9 orang itu datang untuk melakukan survey akreditasi atau penilaian untuk mengukur tingkat kesesuaian terhadap standar akreditasi puskesmas di Kabupaten Sumbawa.

Tahun 2019 ini 7 puskesmas di Kabupaten Sumbawa akan diakreditasi perdana, yaitu Puskesmas Moyo Hulu, Orong Telu, Maronge, Ropang, Lantung, Batulanteh, dan Lenangguar.

Berita Terkait:  Hasil Tes Urine BNNP NTB, Legislator Udayana Bersih dari Narkoba

Sementara itu 2 puskesmas yaitu Puskesmas Unit II Sumbawa dan Puskesmas Empang akan di reakreditasi.

Pada periode ini, 3 puskesmas akan lebih dulu mendapat giliran untuk dinilai, yaitu Puskesmas Unit II Sumbawa, Puskesmas Empang, dan Puskesmas Moyo Hulu.

Penilaian oleh tim surveyor itu dilaksanakan dari tanggal 30 Juli hingga 2 Agustus 2019. Dalam kegiatan yang berlangsung di Aula Hotel Transit Sumbawa Besar ini dihadiri Bupati Sumbawa diwakili Staf Ahli Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan, Zainal Abidin.

Berita Terkait:  Komunikasi dan Keluarga “SAMAWA” Obat Depresi Ampuh!

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Zainal, Bupati mengatakan, dengan dukungan penuh dari Dinas Kesehatan Sumbawa, diharapkan puskesmas yang akan disurvey pada periode ini dapat menjalani proses penilaian secara maksimal.

Sehingga dapat berujung pada perbaikan standar pelayanan minimal bidang kesehatan di Kabupaten Sumbawa yang merupakan indikator kinerja pemerintah daerah.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, H. Didi Darsani mengatakan, akreditasi puskesmas ini bukan hanya sekadar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi semata.

Akan tetapi penilaian yang dilaksanakan ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan mutu kinerja yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen mutu, upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perorangan, serta penerapan manajemen resiko.

Berita Terkait:  Sejak Sebulan Lalu, Stok Masker di Sejumlah Apotek di Sumbawa Kosong

“Akreditasi Puskesmas ini sendiri merupakan pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh Lembaga Independen Penyelenggaraan Akreditasi yang ditetapkan oleh Menkes setelah dinilai bahwa Puskesmas tersebut memenuhi standar akreditasi,” tuturnya. (NM3)