Beranda ADVERTORIAL Mendesak, TPA Wilayah Timur Diupayakan Segera Terealisasi

Mendesak, TPA Wilayah Timur Diupayakan Segera Terealisasi

BERBAGI
Plt. Kepala Dinas LH Kabupaten Sumbawa, Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sumbawa terus berupaya agar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk wilayah timur dapat terealisasi.

Dimana belum lama ini lokasi yang direncanakan sebagai TPA tersebut sudah dilakukan peninjauan.

Plt. Kepala Dinas LH Kabupaten Sumbawa, Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd mengatakan pihaknya telah turun langsung untuk meninjau lokasi rencana TPA wilayah timur.

Turun lapangan ini berdasarkan informasi mengenai adanya lahan yang akan dijual oleh masyarakat seluas dua hektar.

Berita Terkait:  Penerbitan Akta Kelahiran Lampaui Target

Berada diantara Kecamatan Plampang dan Empang atau sekitar 75 kilometer dari arah Kota Sumbawa.

“Kemarin memang Dinas Lingkungan Hidup menugaskan Kepala Bidang Persampahan dan UPT untuk meninjau lokai rencana TPA wilayah timur. Karena ada informasi dari Camat Empang bahwa ada lahan yang dijual oleh masyarakat,” ujarnya, Kamis (21/3).

Setelah melakukan peninjauannya, terangnya, masih ada yang harus dilakukan yakni study kelayakan. Namun diharapkan adanya pilihan lahan lain sebagai pebanding.

“Kan setelah kita pastikan ada lokasinya, harus ada study kelayakan kalau bisa ada pebandingnya dengan lahan yang lain. Ini kan baru satu, kita akan bandingkan mana yang lebih layak. Paling ndak ada tiga lokasinya,” jelasnya,

Berita Terkait:  PLN Terus Genjot Program Lisdes

Diungkapkannya, pengadaan TPA untuk wilayah timur sumbawa sangatlah mendesak. Karena memang di wilayah setempat belum memiliki TPA.

Meskipun sebelumnya di Kecamatan Plampang sudah ada lahan, namun belum dapat digunakan karena akses jalan yang belum ada dan juga perlu diolah lebih dulu agar memenuhi persyaratan

“Sangat mendesak, karena wilayah timur itu kan belum ada TPA. Jadi Dinas LH ini untuk wilayah timur kan menjemput ke sana di bawa ke TPA induk raberas. Pengadaannya Insya Allah di APBD Perubahan untuk pembebasan lahannya.” pungkasnya. (NM3)

Berita Terkait:  Inilah Alur Pencairan Dana Stimulan Pembangunan Rumah Korban Gempa