Beranda KESEHATAN Inilah Data Update Kasus Rabies di Pulau Sumbawa

Inilah Data Update Kasus Rabies di Pulau Sumbawa

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi menjelaskan perkembangan investasi kasus rabies di NTB, khususnya di Pulau Sumbawa (Dompu, Bima dan Sumbawa).

Berdasarkan data update pertanggal 19 Februari ini terangnya, kasus gigitan anjing di Kabupaten Dompu kini menjadi 709 orang yang sebelumnya 685 orang (Pertanggal 17 Februari lalu).

Dari 709 orang ini lanjutnya, sebanyak 702 orang kini telah diberi vaksin. Adapun jumlah anjing yang positif rabies yakni 26 ekor dan enam (6) orang meninggal dunia.

Berita Terkait:  Positif Corona di NTB 8 Orang, Ini Kronologis Pasien Mataram dan Loteng

Sedangkan di Kabupaten Bima masih kata dokter Eka, sebelumnya ada 14 orang (Pertanggal 17 Februari) yang tergigit oleh anjing, kini bertambah lima (5) orang lagi (Pertanggal 19 Februari) sehingga totalnya menjadi 19 orang.

Jumlah tersebut kata pejabat ramah ini, seluruhnya telah diberikan vaksin (19 orang). Meski demikian, dalam kejadian ini khususnya di Kabupaten Bima tidak belum memakan korban.

“Untuk di Sumbawa datanya masih sama seperti kemarin, yaitu 21 orang tergigit anjing dan telah di vaksin. Kemudian anjing yang postif rabies ada 4 ekor. Jadi di Sumbawa tidak ada korban yang meninggal dunia,” jelasnya.

Berita Terkait:  Ribuan Dosis Vaksin Didistribusikan

Jika dikalkulasikan secara total jumlah warga di Pulau Sumbawa yang tergigit anjing ada 749 orang. Dari jumlah tersebut, 742 orang diantaranya sudah di vaksin.

“Tersisa 7 orang lagi yang belum di vaksin. Kalau jumlah anjing yang positif rabies totalnya ada 30 ekor yaitu di Dompu 26 ekor dan 4 ekor lainnya di Sumbawa. Sementara total yang meninggal dunia sampai saat ini berjumlah 6 orang,” demikian Kepala Dikes NTB.

Sekedar informasi, dari 3.609 (Vial) vaksin anti rabies dan serum anti rabies yang di distribusikan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, kini tersisa 1.582 Vial sedangkan yang sudah terpakai sebanyak 2.027 Vial. (NM1)

Berita Terkait:  Dokter Spesialis Sembuh, Pelayanan OK RSUD Sumbawa Akan Kembali Normal