Beranda KESEHATAN Imbau Tetap Terapkan 5M, Gubernur NTB : “Disuntik Vaksin Biasa Saja”

Imbau Tetap Terapkan 5M, Gubernur NTB : “Disuntik Vaksin Biasa Saja”

BERBAGI

MATARAM — “Setelah vaksin COVID19 tahap I dan II biasa saja, bukan berarti kita abai terhadap protokol kesehatan setelah divaksin, seakan-akan sudah merdeka. Tetapi betul-betul tetap menjalankan 5M harus dilakukan,” demikian dikatakan Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah usai menerima Vaksin COVID19 di RSUP NTB, Kamis (28/1).

Melalui kesempatan itu, orang nomor satu di NTB itu juga mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan setelah menerima vaksin COVID19. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan menerapkan “5M” yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Berita Terkait:  Aktifkan Notifikasi Berita #NusraMedia

“Setelah vaksin covid-19 tahap I dan II biasa saja, bukan berarti kita abai terhadap protokol kesehatan setelah divaksin, seakan – akan sudah merdeka. Tetapi betul – betul tetap menjalankan 5 M harus dilakukan,” kata Bang Zul kerap Gubernur NTB disapa.

Terkait dengan marak beredarnya berbagai informasi hoax tentang vaksin COVID19, Bang Zul berharap sekaligus meminta agar masyarakat tidak mudah mempercayai berbagai informasi hoax yang tersebar diberbagai media sosial.

“Banyak sekali horor story, seperti setelah disuntik vaksin ada yang meninggal dan lain – lain, padahal sebenanya saya disuntik vaksin pun biasa saja. Semoga ini menjadi semangat kepada masyarakat agar ingin juga divaksin,” pesannya.

Berita Terkait:  Sukseskan Zero Waste, “The Gade Clean and Gold” Diresmikan

Pada kegiatan vaksinasi tahap II ini, sebanyak 20 penerima vaksin COVID19 terdiri dari Gubernur NTB, Wakil Gubernur NTB, Forkopimda, Organisasi Profesi, Tokoh Maysarakat dan Tokoh Agama. Selain itu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB terkait tenaga kesehatan yang telah divaksin, hingga 28 Januari 2021 mencapai 4.588 orang dari target 9.207 orang tenaga kesehatan.

Pelaksanaan pemberian vaksin COVID19 ini telah dilakukan di 48 sarana kesehatan di Kota Mataram dan Lombok Barat. Hari ini rencananya vaksin COVID19 akan lanjut didistribusikan ke Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima.

Berita Terkait:  Wagub Buka Workshop Revitalisasi Posyandu dan Bank Sampah

Total sebanyak 18.600 dosis vaksin covid-19 akan didistribuasiakan ke 5 Kabupaten/Kota di Pulau Sumbawa tersebut. Pada kesempatan yang sama, setelah divaksin Bang Zul juga memberikan penghargaan kepada pendonor plasma konvalesen di RSUP NTB yang diterima secara simbolis oleh Bapak Budiawan Restu, Iman Jasmani dan Yogi Yanto S.

Plasma konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari pasien COVID19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. (red)