Beranda KESEHATAN Fasilitas Baru RSJ Mutiara Sukma Segera Dilaunching

Fasilitas Baru RSJ Mutiara Sukma Segera Dilaunching

BERBAGI
RSJ Mutiara Sukma (Ist)

MATARAM — Beberapa fasilitas baru di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma segera dilaunching dalam waktu dekat ini. Tepatnya, pada Hari Ulang Tahun (HUT) RSJ Mutiara Sukma ke-31 pada tanggal 29 Januari mendatang.

Adapun beberapa fasilitas baru yang akan dilaunching oleh pihak RSJ Mutiara Sukma itu, yakni ruang rawat inap anak/remaja. Kemudian, klinik tumbuh kembang anak.

Demikiah hal itu disampaikan dr Evi Kustini Somawijaya serta rombongan saat bersilaturahim dengan Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah, Senin (25/1) kemarin, di ruang kerja Wagub.

Selain bersilaturahim, melalui kesempatan itu, pihak RSJ Mutiara Sukma juga bermaksud untuk sekaligus mengundang Wakil Gubernur NTB pada acara launching yang rencananya akan digelar pada Jum’at (29/1) mendatang.

Berita Terkait:  Jumlah Posyandu Keluarga di NTB Terus Meningkat

Terkait hal itu, Wagub NTB menyambut baik kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pihak RSJ. Rohmi juga menekankan, agar setiap kegiatan yang dilaksanakan, tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID19.

RSJ Mutiara Sukma juga diminta agar turut serta gencar mengkampanyekan langkah pencegahan melalui 5M. Yaitu, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, membatasi interaksi, dan menjauhi kerumunan.

“Karena sekarang kita memperketat, jadi harus betul – betul dijalankan protokol kesehatan COVID19, agar kita juga bisa mengedukasi masyarakat,” tutur orang nomor dua di NTB tersebut.

Berita Terkait:  PAEI Dukung Penguatan Surveilans Corona di NTB

Wagub juga berharap, agar kedepannya RSJ bisa secara terus-menerus mengedukasi masyarakat secara persuasif. Mengenai strategi yang tepat, mengenai penanganan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) di NTB dan memperkuat sinergi yang baik dengan kabupaten/kota.

“Kita harus punya strategi yang jitu tentang penanganan ODGJ di NTB. Kunci kesuksesan itu bagaimana sinerginya dengan kabupaten/kota dan kedepannya bisa dikolaborasikan dengan program Posyandu Keluarga,”ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur RSJ Mutiara Sukma dr Evi Kustini Somawijaya menyampaikan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka HUT RSJ Mutiara Sukma yang ke 31.

Berita Terkait:  Kabar Gembira, Radioterapi RSUD NTB Kini Siap Melayani Pasien BPJS

Antara lain, sebut dia, yaitu kegiatan do’a dan zikir bersama. Kemudian, kegiatan anjangsana ke kediaman direktur yang sebelumnya. Selanjutnya menyasar pada karyawan RSJ yang sakit.

Termasuk, kata dia, mengunjungi Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Pendidikan Tuna Netra dan bekerjasama dengan ahli gizi dan pelaksanaan acara puncak pada Jum’at (29/1).

“Karena dalam situasi pandemi ini, tema kami adalah ‘Sehat Jiwa, Hadapi COVID19 untuk NTB gemilang dan Indonesia Maju’ yang diawali dengan kegiatan zikir dan do’a yang telah dilaksanakan minggu lalu, dan ke yayasan/sekolah luar biasa,” tutup dr Evi. (red)