Beranda KESEHATAN Enam Puskesmas Bakal Dibangun Tahun Ini

Enam Puskesmas Bakal Dibangun Tahun Ini

BERBAGI
Sekretaris Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa, Abdul Malik, S.Sos

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa akan membangun enam puskesmas tahun 2019 ini. Pembangunan puskesmas di enam kecamatan tersebut, menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa, Abdul Malik, S.Sos mengatakan, Puskesmas yang akan dibangun berada di Kecamatan Lantung, Ropang, Lenangguar, Lunyuk, Orong Telu dan Batulanteh.

Khusus dua puskesmas yakni Lenangguar dan Lunyuk akan direlokasi. Sedangkan empat puskesmas lainnya akan dibangun di tempat semula.

“Yang mendapatkan tahun ini dari DAK Afirmasi ada enam puskesmas. Puskesmas Lenangguar dan Lunyuk pindah lokasi. Sedangkan Puskesmas Lantung, Ropang, Orong Telu dan Batulanteh tetap dibangun di tempat semula,” ujarnya.

Berita Terkait:  Poli Geriatri, Layanan Bagi Lansia untuk NTB Sehat-Cerdas

Dijelaskannya, keenam puskesmas ini masing-masing anggarannya diatas Rp 5 miliar. Dari dana tersebut, selain bangunan juga untuk alat kesehatan dan ambulan.

“Bantuannya satu paket dari bangunan sampai dengan alat kesehatannya,” terangnya.

Sementara ini, kelima paket puskesmas sudah ditentukan pemenang tender dan sudah dilakukan PCM.

Saat ini progresnya sedang dalam proses pendantanganan kontrak. Terkait paket ini, pihaknya menggandeng TP4D untuk melakukan pendampingan. “Kami juga didampingi oleh TP4D,” tukasnya.

Menurut Malik, pengerjaan keenam puskesmas ini rata-rata pelaksanaannya selama lima bulan. Pihaknya berharap kepada masyarakat agar ikut memantau pembangunannya.

Berita Terkait:  Waspada Rabies, Tim P2R Sisir Seluruh Desa di Wilayah Tarano

Adapun kepada pihak pelaksana ditekankan supaya dapat melaksanakan pekerjaan sesuai dengan jadwal yang ada.

Karena lokasi proyek merupakan daerah sulit. Kemudian memperhatikan spesifikasi pekerjaan, karena materialnya 80 persen pabrikasi.

Pihak pelaksana juga diminta agar tidak menunjuk kuasa direktur. Selain itu rekeningnya juga harus menggunakan rekening perusahaan. (NM3)