Beranda ADVERTORIAL Ditengah Keterbatasan, DLH Maksimalkan Sarpras Seadanya

Ditengah Keterbatasan, DLH Maksimalkan Sarpras Seadanya

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – Meski sarana dan prasarana (sarpras) dalam penanganan sampah yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup (DLH) masih kurang atau sangat terbatas.

Namun dinas setempat tetap memaksimalkan Sarpras yang ada. Hal ini agar persoalan mengenai sampah dapat diminimalisirkan.

“Yang dikeluhkan oleh Lingkungan Hidup, sarana prasarana yang masih kurang. Katakan saja masyarakat mau buang sampah tapi tidak disediakan tempatnya. Banyak yang  menuntut supaya di tempat pembuangan sampah sembarangan di pasang container. Supaya bisa buang langsung ke situ. Kemudian tinggal  truck amrol itu yang mengangkut ke TPA,” kata  Plt Kepala Dinas LH, Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd, Jumat (15/3).

Berita Terkait:  Sarpras Terbatas, Pengelolaan Solusi Masalah Sampah

Disebutkannya, container saat ini ada sekitar 36 tersebar di beberapa tempat di Sumbawa. Kemudian terdapat sekitar 11 truck dan amrol yang digunakan untuk operasional.

Sarana dan prasarana tersebut memang masih kurang. Untuk menyiasatinya, sarpras yang ada dimaksimalkan penggunaannya. “Kita efektifkan yang ada,” terangnya.

Nantinya, lanjut H. Ikhsan, sarpras ini akan diupayakan pengadaannya melalui APBD secara bertahap. Meskipun diakuinya untuk APBD 2019 tidak ada pengadaannya.

“Sarpras ini kita akan mengadakan lewat APBD secara bertahap. Tahun ini tidak masuk. Mudah-mudahan nanti APBD Perubahan,” tandasnya.

Berita Terkait:  Heboh! Para Ulama NTB Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf

Pihaknya berharap, adanya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena bagaimanapun sarana yang digunakan, tanpa didukung kesadaran masyarakat akan sulit berjalan.

“Seberapapun sarana kita, kalau tidak adanya kesadaran di tingkat masyarakat susah juga,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here