Beranda KESEHATAN Antisipasi Lonjakan Produksi Sampah Dibulan Puasa, Dinas LH Siap Beri Pelayanan Malam

Antisipasi Lonjakan Produksi Sampah Dibulan Puasa, Dinas LH Siap Beri Pelayanan Malam

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Guna mengantisipasi terjadinya lonjakan produksi sampah di bulan puasa, Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sumbawa akan melakukan berbagai upaya dan strategi. Salah satunya yaitu memberikan pelayanan atau pengangkutan sampah pada malam hari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, Abdul Haris S.Sos mengatakan, pihaknya memperkirakan lonjakan sampah akan terjadi di H-10 atau H-5 lebaran. Sehingga dibutuhkan strategi dan penanganan serius agar tidak terjadinya penumpukan sampah.

“Diperkirakan 10 hari berakhir puasa atau lima hari berakhirnya puasa. Mungkin baru ada strategi perubahan, jadwal atau sitem penjemputan sampah. Karena menjelang hari lebaran diperkirakan produksi sampah rumah tangga ini atau dari kalangan pedagang mengalami lonjakan atau produksifitas sampah lebih dari hari biasanya,” ujarnya kepada wartawan, Jum’at (10/5)

Berita Terkait:  Pemkab Lobar Gelar Bimtek Penyemprotan Disinfektan

Untuk itu, pihak berencana akan menambah pelayanan penjemputan sampah di malam hari.

“Apakah nanti ada penangan malam selesai shalat tarawih. Dan kami harapkan warga mengeluarkan sampah setelah magrib. Mungkin strategi itu dilakukan menjelang hari lebaran,” tambahnya.

Diungkapkannya, untuk awal bulan puasa sendiri, produksi sampah masih sama seperti hari biasanya.

“Dari hasil komunikasi dengan Bidang Persampahan dan KUPT untuk awal puasa ini belum ada perubahan terkait persoalan sampah. Penanganannya masih sama seperti hari biasa yaitu mengambil menjemput sampah sesuai rutenya masing-masing,” jelasnya.

Berita Terkait:  Gubernur NTB dan Menko Maritim Gelar Rakor di Gili Trawangan

Sementara untuk penanganan sampah para pedagang takjil khusunya es kelapa, pihaknya sudah memberikan penanganan khusus. Meskipun demikian, pihaknya tetap berharap kepada para pedagang untuk tidak membuang produksi sampahnya secara sembarangan. (NM3)