Beranda KESEHATAN Antisipasi DBD, Dikes Sumbawa Ajak Masyarakat Bersihkan Lingkungan Rumah

Antisipasi DBD, Dikes Sumbawa Ajak Masyarakat Bersihkan Lingkungan Rumah

BERBAGI
Sekretaris Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa, A. Malik S.Sos. (Foto : Roby)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Mengantisipasi penyebaran dan perkembangbiakkan nyamuk aedes aegypti penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa mengajak masyarakat untuk dapat membersihkan lingkungan rumah masing-masing.

Hal ini juga sudah diinstruksikan kepada seluruh puskesmas yang ada, untuk terus mengingatkan warga melalui mobil puskesmas keliling. Agar dapat turun langsung bersama pihaknya dalam membersihkan drainase, parit maupun tempat-tempat yang rawan menjadi pemicu bibit-bibit nyamuk berkembang biak dan dapat menyebarkan penyakit berbahaya ini.

Berita Terkait:  Ratusan Paket Ramuan Herbal untuk Tenaga Kesehatan di NTB

“Perubahan cuaca ini membuat potensi untuk pertumbuhan jentik-jentik nyamuk penyebab DBD itu besar. Kami dari Dinas Kesehatan sudah memerintahkan semua puskesmas untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat melalui mobil pusekesmas keliling untuk membersihkan lingkungan masing-masing,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Sumbawa, A. Malik S.Sos, Kamis (16/1).

Untuk awal tahun ini ungkapnya, kasus DBD di Kabupaten Sumbawa belum ada terjadi. Meskipun demikian, pihaknya akan selalu siaga ketika adanya pasien yang terindikasi terkena penyakit malaria. Dimana pengecekan langsung dilakukan untuk melihat kondisi lingkungan si pasien.

Berita Terkait:  Cara Polda NTB Semangati Tenaga Medis

“Yang penting kami minta kepada masyarakat ataupun puskesmas ketika terjadi kasus ini segera sampaikan. Karena kami nanti akan langsung turun, apakah itu nantinya memberikan abate atau melakukan fogging,” tukasnya. (red)