Beranda HUKRIM Tiga ASN Mantan Napi Koruptor Resmi Dipecat

Tiga ASN Mantan Napi Koruptor Resmi Dipecat

BERBAGI
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa, Syahruddin SH. (Foto : Roby Teja)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril B.Sc akhirnya resmi memecat tiga oknum ASN mantan Napi Koruptor. Hal ini berdasarkan SK pemecatan dan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) per tanggal 26 April, lalu.

Demikian diungkapkan, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa, Syahruddin SH kepada wartawan, Jum’at (3/5).

“Pak Bupati sebenarnya berat untuk melakukan PTDH. Namun surat Kemenpan itu apabila PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian, red) tidak mengeluarkan surat SK tersebut maka beliau yang kena dilakukan pemberhentian sementara. Mau tidak mau harus dikeluarkan, karena aturan. Harapan kita kepada yang di PTDH agar bersabar dan ikhlas menerima, karena ini adalah aturan,” ujarnya.

Berita Terkait:  Polres Sumbawa Amankan 7 Orang Saat Pesta Narkoba

Konsekuensi atas PTDH tersebut, jelasnya, yang bersangkutan tidak mendapatkan hak pensiun. Meskipun demikian, sisa gaji selama tiga bulan saat mereka diberhentikan sementara tetap diberikan.

“Pertimbangan diberikan sisa gaji, karena masih punya hak. Kemarin itu hanya pemberhentian sementara dan pemberhentian gaji yang tidak masuk. Dan kesepakatan semua BKD se-Provinsi NTB bahwa mereka akan kita bayar sisa gajinya,” jelasnya.

Atas adanya pemecatan ini, pihaknya mengarapkan agar ASN lainnya tetap berhati-hati dalam melaksanakan tugas mengikuti aturan perundang-undangan yang berlaku.

Berita Terkait:  Polres Lobar Ungkap Praktik Aborsi di Kamar Hotel

“Supaya kita tidak terjerat dengan masalah hukum, jadi ASN harus melaksanakan tugasnya sesuai undang-undang. Karena kalau masalah korupsi ini, satu hari pun vonisnya tetap kita berhentikan, karena itu aturannya. Baik dalam undang-undang nomor 5 tahun 2014 maupun undang-undang Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil,” pungkasnya. (NM3)