Beranda HUKRIM Salut! TNI/Polri dan Masyarakat Kompak Perbaiki Rumah Sawah di Lunyuk

Salut! TNI/Polri dan Masyarakat Kompak Perbaiki Rumah Sawah di Lunyuk

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – Kerusakan sejumlah rumah sawah warga akibat kerusuhan di Desa Suka Maju, Kecamatan Lunyuk langsung diperbaiki, Jum’at 28 Desember 2018.

Perbaikan itu dilakukan oleh TNI/Polri bersama masyarakat setempat. Kasdin 1607/Sumbawa Mayor Arh Huwairy ST terjun langsung memimpin giat perbaikan tersebut.

Kegiatan diawali dengan membersihkan puing-puing rumah sawah, kemudian dilanjutkan membersihkan puing puing dan perbaikan rumah sawah masyarakat Desa Sukamaju yang berada di wilayah Desa Padasuka. Dan dilanjutkan  dengan evaluasi oleh Kabag Ops Polres Sumbawa.

Kabag Ops Polres Sumbawa, AKP  Burhanuddin, berharap agar masyarakat dapat menjaga kerukunan dan berdampingan dan menjaga perdamaian dalam bermasyarakat.

“Mari kita ambil hikmah dengan kejadian ini dengan adanya kejadian ini (kesalahpahaman antar warga), kita bisa saling bertemu satu sama lainnya mungkin yang selama ini kita tidak pernah bertegur sapa,” jelasnya, juga menyampaikan permohonanan maaf kepada masyarakat, bila terdapat tindakan ataupun sikap aparat keamanan yang dinilai kurang berkenan.

Berita Terkait:  Kabar Baik, Lombok Utara Nol COVID-19

Ditempat yang sama, Kasdim 1607/Sumbawa Mayor Arh Huwairy ST, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut serta dalam kegiatan karya Bhakti bersama TNI-Polri. Ia berharap kejadian baru-baru ini, merupakan peristiwa terakhir di kecamatan Lunyuk.

“Saya harapkan kejadian ini merupakan kejadian yang terakhir yang terjadi di Kecamatan Lunyuk. Dan saya mohon kepada masyarakat yang ada hari ini, mari kita jalin lagi kerukunan umat beragama jangan mudah terpopokasi oleh orang-orang yang ingin mengganggu kamtibmas di wilayah Kecamatan Lunyuk,” katanya sembari menghimbau jika kelak dikemudian hari masyarakat menemukan persoalan agar segera melaporkan ke Babinsa dan Babinkamtibmas wilayah masing-masing.

Komang Sandiya, Kades Sukamaju menyampaikan penghargaan kepada TNI-Polri, masyarakat Desa Emang Lestari yang ikut serta dalam kegiatan karya Bhakti.

Berita Terkait:  Lombok Timur Siap Luncurkan Mawar Emas 

“Kami atas nama masyarakat Desa Sukamaju mohon maaf atas kesalahan yang telah kami perbuat dan saya harapkan mari kita jalin persatuan dan kerjasama yang sudah ada selama ini,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kades Emang Lestari, Deni Mardani menyampaikan terima kasih atas kesigapan TNI-Polri dalam menangani persoalan yang terjadi di Kecamatan Lunyuk.

“Semua orang tidak ada yang  mau, tidak menginginkan kejadian ini. saya harapkan kedepannya mari kita jaga tali silaturahmi antar umat beragama,” tegasnya.

Ia berharap,  agar tokoh masyarakat dan tokoh agama dapat mempelopori keamanan dan ketertiban di kecamatan Lunyuk, bersama TNI-Polri.

“saya mohon kepada masyarakat Desa Sukamaju agar tenangkan diri dan lakukan aktifitas seperti biasa kami dari Masyarakat Desa Emang Lesatari siap menjaga keamanan masyarakat Desa Sukamju,” tegasnya.

Masih ditempat yang sama, Kapolsek Kecamatan Lunyuk, AKP Martias Wayan AL, berharap masyarakat segera melaporkan kepada aparat, bila menemukan kejadian. Dan menaham diri untuk tidak memviralkan melalui media sosial.

Berita Terkait:  Karang Bage Kini Jadi Kampung Selfi

“Saya harapkan kepada seluruh masyarakat yang ada di Kecamatan Lunyuk jika ada permasalahan yang terjadi di wilayah segera melaporkan kepada kami. jangan melaporkan setiap kejadian melalui medsos,” ujarnya.

Dari 14 rumah sawah yang rusak, telah di rekonstruksi sekitar 7 rumah sawah diperbaiki, dan 7 rumah sawah lainnya termasuk rusak berat.

Sekedar informasi, dimomen ini hadir Kabag Ops Polres Sumbawa, AKP  Burhanuddin, Kapolsek Kecamatan Lunyuk, AKP Martias Wayan AL, Danramil 1607-07/Lunyuk Kapten Inf I Wayan Suledra, Kades Emang Lestari, Deni Mardani, Kades  Sukamju, Komang Sandiya, serta perwakilan Toma, Toda, Toga serta Masyarakat Desa Emang Lestari dan Desa Sukamaju serta personel TNI-Polri. (NM2)