Beranda HUKRIM Pawai Kebangsaan Warnai HUT TNI ke-73 di Sumbawa

Pawai Kebangsaan Warnai HUT TNI ke-73 di Sumbawa

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Memperingati sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 73 Tahun 2018 ini.

Keluarga Besar Komando Distrik Militer (Kodim) 1607 Sumbawa menggelar berbagai macam budaya nusantara yang dirangkum menjadi satu bagian dalam giat pawai kebangsaan.

Pawai ini di ikuti oleh seluruh elemen dalam lingkup Kabupaten Sumbawa.  Tak terkecuali, baik itu dari instansi pemerintahan, Kecamatan se Kabupaten Sumbawa, berbagai macam ethnis hingga para pelajar SMP dan SMA/SMK.

Pawai dimulai dari lingkup Kodim setempat, lalu mengelilingi sekitaran Kota Sumbawa.

Berita Terkait:  Baru Kenalan, Motor Digelapkan

Dandim 1607/Sumbawa, Letkol. Inf. Samsul Huda mengatakan dengan pawai kebangsaan ini pihaknya merangkum seluruh budaya yang ada di Indonesia.

Selain itu, juga untuk mengembalikan ingatan kepada pahlawan yang telah memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Di pilihnya pawai Kebangsaan, Bukan berarti kita kurang dari memahami Kebangsaan. Tapi dengan modal Kebangsaan inilah negara kita bisa maju,  menjadi negara yang modern dengan tidak meninggalkan identitas kebangsaan. Ini harus kita pupuk terus kita bangkitkan. Sehingga kita menjadi bangsa yang berbudi luhur, bangsa yang modern. Tentunya generasi muda juga dapat mengetahui bagaimana perjuangan pahlawan kita merebutkan kemerdekaan ini,” terangnya Ahad 7 Oktober 2018 di Sumbawa.

Berita Terkait:  Tim Cobra Ringkus Bandar Narkoba Antar Provinsi

Dilanjutkannya, dengan adanya peragaan pada masa penjajahan yang dipraktikan peserta pawai diharapkan dapat mengenang nuansa perjuangan. Sehingga generasi muda dapat mempelajari semangat juang pada masa-masa itu.

“Kami berharap melalui event ini, masyarakat Sumbawa terutama generasi muda semangat nasionalismenya kembali tumbuh,” tuturnya.

“Kita harapkan juga TNI bisa lebih dekat dengan rakyat. Perlu diketahui, bahwa TNI adalah milik rakyat indonesia. Rakyat merupakan ibu kandung TNI,” demikian Dandim menambahkan. (NM3)