Beranda HUKRIM Operasi Pora 2019, Imigrasi Sasar WNA

Operasi Pora 2019, Imigrasi Sasar WNA

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Petugas Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa, melakukan turun lapangan ke sejumlah institusi pendidikan dan perusahaan selama bulan Ramadhan 2019.

Ini dilakukan untuk menyasar pendataan warga negara asing (WNA) yang berada di lokasi dimaksud.

Kasi Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa, Made Surya menyampaikan, turun lapangan dilakukan dalam rangka Operasi Pora 2019.

Operasi ini dilakukan oleh internal Imigrasi dan dilaksanakan secara serempak se-Indonesia dalam jangka waktu tiga bulan.

Berita Terkait:  Hj Rohmi : Kondusifitas Meningkat, Kasus Konflik Sosial di NTB Turun Signifikan!

“Operasi (Pengawasan Orang Asing – atau Pora) ini dilakukan untuk pendataan orang asing,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (22/5).

Dijelaskan Surya-akrabnya disapa, operasi ini bersifat persuasif. Pihaknya hanya melakukan pendataan terkait kelengkapan dokumen keimigrasian WNA.

Selama WNA kooperatif, maka akan dibantu pengurusan dokumen keimigrasiannya. Namun, jika melakukan pelanggaran hukum dan harus membayar beban, maka WNA bersangkutan akan langsung ditindak sesuai prosedur.

“Memang kita lakukan selama ramadhan ini hanya pendataan, sifatnya persuasif. Kalau penindakannya akan dimulai sekitar bulan Sepetembet-Oktober,” jelasnya.

Berita Terkait:  Setubuhi Dua ABG Sekaligus di Gubuknya, Kakek 70 Tahun Diburu Polisi

Diungkapkannya, target operasi yaitu seluruh WNA yang ad di dua Kabupaten yaitu Sumbawa dan Sumbawa Barat (KSB).

Sejauh ini, pihaknya sudah mendatangi yayasan pendidikan, hotel dan perusahaan-perusahaan yang ada. Termasuk juga dengan melakukan operasi ke villa, resort dan PT. AMNT di KSB.

“Jadi kita tidak merambah ke personal, yang jadi target kita hanya perusahaan, lembaga pendidikan atau yayasan terus hotel. Nah itu hotel, penginapan yang sifatnya umum.

Tapi, tidak menutup kemungkinan juga kalau kita menemukan di jalan, saat tim bergerak tetap saja kita melakukan pendataan itu,” tukasnya. (NM3)

Berita Terkait:  Gasak Sejumlah Barang Berharga, Pembobol Villa Selong Selow Diringkus