Beranda HUKRIM Kasus Tipilu, Kades dan Istri Oknum Caleg Segera Disidangkan

Kasus Tipilu, Kades dan Istri Oknum Caleg Segera Disidangkan

BERBAGI
Kasi Pidum Kejari Sumbawa, Lalu Mohammad Rasyidi SH . (Foto : Roby Teja-NM)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Dua kasus tindak pidana pemilu (Tipilu) yang melibatkan Oknum Kepala Desa di Kecamatan Orong Telu dan istri Oknum Caleg akan segera disidangkan. Pasalnya berkas dua perkara tersebut akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri pada pekan ini.

Kasi Pidum Kejari Sumbawa, Lalu Mohammad Rasyidi SH mengatakan, saat ini pihaknya sedang menunggu penyerahan barang bukti dan tersangka dari Penyidik Polres Sumbawa. Setelah diterima maka secepatnya akan dilimpahkan ke Pengadilan.

“Paling lambat hari Jum’at harus sudah kita limpahkan ke Pengadilan,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (10/4).

Berita Terkait:  Pengedar Diringkus, Polisi Amankan 1 Kilogram Ganja

Diungkapkannya, meskipun sesuai aturan penyerahan barang bukti boleh tidak disertai oleh tersangka, namun yang bersangkutan diharapkan tetap korporatif.

“Tapi harapan kita supaya korporatif lah. Sehingga cepat bisa kita bisa buktikan apakah ini bersalah atau tidak di Pengadilan,” jelasnya.

Seperti diberitakan, seorang istri oknum calon legislatif (caleg) diduga terlibat money politik. Dugaan money politik itu berupa pembagian barang seusai kegiatan kampanye oknum tersebut, di salah satu desa di Kecamatan Moyo Utara.

Dugaan money politik itu merupakan temuan Panwascam di lapangan beberapa waktu lalu. Hasil temuan ini kemudian ditindaklanjuti oleh Bawaslu Kabupaten Sumbawa.

Berita Terkait:  Bergerak Cepat, Polres Sumbawa Ringkus Pelaku Curanmor

Setelah dilakukan beberapa penelusuran, klarifikasi dan dalam pembahasan di Gakkumdu, ditemukan dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu.

Adapun temuannya berupa pemberian sarung dan jilbab kepada peserta kampanye. Kegiatan tersebut merupakan kampanye salah satu oknum caleg dari partai Golkar Sumbawa.

Pembagian barang itu dilakukan selesai kegiatan. Saat pembagian dilakukan, oknum caleg itu juga berada di lokasi.

Seorang oknum kades di Kecamatan Orong Telu, juga diduga terlibat kampanye. Dugaan keterlibatan oknum Kades ini terjadi di Desa Sebeok.

Berita Terkait:  Bang Zul Hadiri Acara Pisah Sambut Kajati NTB

Oknum ini diduga berbicara dalam kegiatan kampanye salah satu oknum Caleg di kecamatan setempat, 16 Februari lalu.

Dimana oknum Kades itu mengutarakan pernyataan agar masyarakat mengarahkan dukungan kepada caleg dari kecamatan setempat.

Hal ini tidak boleh dilakukan. Karena daerah pemilihan (Dapil) dua bukan hanya Kecamatan Orong Telu saja.

Tapi juga terdiri dari kecamatan lainnya. Namun, pernyataan oknum kades itu mengarahkan agar mendukung caleg dari Orong Telu. (NM3)