Beranda HUKRIM Kasus Pembunuhan di Cafe Batu Guring, Terdakwa Dituntut 18 Tahun Penjara

Kasus Pembunuhan di Cafe Batu Guring, Terdakwa Dituntut 18 Tahun Penjara

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA —
Ruslan Wiranata alias Rolan (32), terdakwa kasus pembunuhan security di salah satu tempat hiburan malam kawasan Batu Guring Kecamatan Alas Barat, Kabupaten Sumbawa dituntut 18 tahun penjara oleh Jaksa Penutut Umum (JPU). Jaksa menuntut Rolan dengan pasal 340 KHUP tentang pembunuhan berencana.

Persidangan tersebut dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Dwiyantoro SH dengan Hakim Anggota Eko Andrianto SH., MH dan Anang Indra Panditha SH., MH yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri Sumbawa, pada Selasa (25/9). Sedangkan tuntutan dibacakan oleh JPU Agus Widiyono SH.

Agus Widiyono SH selaku JPU kepada wartawan mengatakan, terdakwa dikenakan pasal 340 KHUP tentang pembunuhan berencana dengan tuntutan 18 tahun penjara. Karena berdasarkan di persidangan, terdakwa terbukti merencanakan membunuh korban.

Berita Terkait:  Apel Sinergitas TNI/POLRI Menuju NTB Gemilang

“Yang memberatkan itu memang rencana pembunuhan ini sudah disiapkan. Yaitu memiliki tiga unsur diantaranya niat awal, adanya jedah waktu atau yang ketiga itu dilakukan dengan keadaan sadar,” ujarnya usai mengikuti persidangan.

Dipaparkannya, sesuai rekonstruksi, kejadian ini bermula dari keributan antara keduanya di salah satu café yang dijaga korban. Kemudian terdakwa pulang ke rumahnya untuk mengambil senjata tajam lalu kembali lagi ke lokasi menggunakan sebuah mobil.

Kemudian terdakwa langsung mencari korban dan bertemu di luar tempat hiburan malam. Ketika itu terjadi perkelahian antara keduanya dengan sama-sama menggunakan sajam. Namun dalam kejadiannya, korban yakni Samrah (38) meninggal dunia dengan sejumlah luka di tubuhnya.

Berita Terkait:  Pembentukan Pengadilan di KSB Diusulkan ke MA

Diungkapkannya, saat persidangan terdakwa meminta waktu untuk mengajukan pembelaan secara tertulis. Sidang kemudian akan kembali dilanjutkan pada tanggal 2 Oktober mendatang. Dengan agenda pembacaan pledoi atau pembelaan.

“Sidang akan kembali dilanjutkan pada pecan depan dengan agenda pembacaan pembelaan oleh terdakwa,” terangnya.

Seperti diberitakan, naas menimpa Samrah (38), warga Desa Mapin Kebak, Kecamatan Alas Barat. Pria yang diketahui bekerja sebagai penjaga cafe di kawasan Batu Guring di kecamatan setempat itu ditemukan tewas dengan luka bacokan di dalam selokan depan cafe, Sabtu (24/2) pagi lalu. Buntut kejadian ini,  belasan cafe di kawasan tersebut dibakar massa.

Berita Terkait:  Pemkot-Kejari Mataram Teken Perjanjian Kerjasama Bidang PTUN

Namun, hanya berselang beberapa jam, terduga pelaku kasus pembunuhan Samrah berhasil diringkus. Pelaku Ruslan alias Rolan ini diamankan di kediamannya di Desa Meraran, Kecamatan Seteluk, sekitar pukul 16.00 Wita. Rolan ditangkap oleh tim gabungan Polres Sumbawa, Polres KSB dan Polsek Seteluk. (NM3)