Beranda HUKRIM Kajari Sumbawa : Perkara Narkotika Paling Menonjol

Kajari Sumbawa : Perkara Narkotika Paling Menonjol

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Sebanyak 152 perkara pidana umum ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumbawa selama kurun waktu satu tahun, atau sejak 22 Juli 2019 lalu. Dari jumlah perkara tersebut, kasus yang paling menonjol yaitu narkotika.

Demikian diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa, Iwan Setiawan SH.,M.Hum dalam jumpa persnya didampingi para Kasi Kejari Sumbawa, di Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) Ke-60.

“Dari 152 perkara tersebut yang paling menonjol narkoba. Sumbawa sebagai satu wilayah yang cukup menonjol dan ini menjadi atensi bagi masyarakat,” ujarnya kepada wartawan.

Berita Terkait:  TNI Siap Backup Polri dalam Operasi Ketupat Gatarin

Dipaparkannya, 152 Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang diterima selama setahun belakangan tersebut terdiri dari narkoba 36 perkara, perlindungan anak 18 perkara, pembunuhan 4 perkara, perjudian 5 perkara, pencurian 46 perkara. Sementara 43 perkara lainnya merupakan akumulasi dari kasus ilegal logging, perzinahan, penipuan, Laka Lantas dan lain-lain.

“Kemudian dari sekian banyak perkara, 152 perakara yang kami lakukan petunjuk dalam bentuk P19 sebanyak 75 perkara, kemudian ada SPDP yang kita terima tapi kita kembalikan karena sudah melewati batas waktu yang ditentukan sebanyak 18 perkara. Sementara untuk perakara yang kita tahap dua kan yang kita sidangkan itu sebanyak 176 perkara,” jelasnya.

Berita Terkait:  Kasi Intel Kejari Sumbawa Berganti

Ditambahkannya, SPDP yang diterima ini berasal dari satu Polres dan 14 Polsek yang ada. “Kemudian yang sudah kita eksekusi 169 perkara, ada beberapa yang masih dalam proses karena putusannya belum sampai atau belum dilakukan eksekusi oleh jaksa nya,” pungkas Kajari. (red)