Beranda HUKRIM Instensitas Persidangan Dibulan Ramadhan Tetap Sama

Instensitas Persidangan Dibulan Ramadhan Tetap Sama

BERBAGI
Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa,  I Wayan Eka Mariarta, S.H., M.Hum (Foto : Dok. NusraMedia)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Pelayanan yang diberikan Pengadilan Negeri (PN) Sumbawa selama bulan ramadhan tetap sama seperti hari biasanya.

Khususnya pada pelaksanaan persidangan. Hal ini Sebagai salah satu upaya pemenuhan hak dari terdakwa.

“Pelayanan pengadilan sumbawa tetap sama seperti hari biasa, cuman jam kerja yang semula dari jam 8 sampai setengah 5, kita berdasarkan peraturan kementerian jam kerja sampai dengan jam 3 sore. Namun persidangan dan pelayanan tetap seperti biasa, kami tetap melayani,” ujar Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa,  I Wayan Eka Mariarta, S.H., M.Hum kepada wartawan, Jum’at (10/5).

Berita Terkait:  Tak Hanya Mengeksekusi, Doktor Zul : Pencegahan Juga Harus Jadi Perhatian KPK

Sejauh ini, ungkapnya, intensitas persidangan di bulan puasa juga hampir sama dengan hari biasanya. Yakni sehari rata-rata persidangan yang dilaksanakan mencapai 10 hingga 15 sidang.

Dijelaskannya, pihaknya harus selalu memberikan pelayanan maksimal, terutama soal persidangan.

Karena hal tersebut menyangkut hak manusia yaitu terdakwa. Dimana dalam penyelesaian sidang juga memiliki batas waktu.

“Terkait bulan ramadhan, tidak ada pengurangan terkait masalah penahanan. Dan masa penahanan bagi para terdakwa yang sedang melakukan proses persidangannya belum selesai, ini kan ada batasan waktu untuk kita menyelesaikan. Jadi tenggang waktu penahanan terdakwa itu 30 hari dan bisa diperpanjang. Intinya kami tetapmemberikan pelayanan seperti hari biasa,” terangnya.

Berita Terkait:  Bantu NTB, Mabes TNI Datangkan Alat Berat

“Saya pribadi dan atas nama keluarga besar Pengadilan Negeri Sumbawa menucapkan selamat menjalankan ibadah bulan ramadhan bagi umat muslim yang menjalankan,” demikian I Wayan Eka Mariarta menambahkan. (NM3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here