HEADLINE

Tanggapi Penolakkan Kapal Pesiar, Zul : Jangan Karena Corona Menghilangkan Kejernihan Kita

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Maraknya penolakkan dari sejumlah pihak terkait kedatangan kapal pesiar dari luar negeri ke Lombok.

Penolakkan itu bukan tanpa alasan. Terlebih saat ini dengan adanya isu global yaitu merebaknya wabah virus corona atau covid-19.

Kedatangan wisatawan dari berbagai negara itu rencananya akan bersandar di Pelabuhan Gili Mas, Lombok Barat.

Menanggapi hal itu, akhirnya Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah angkat bicara. Menurut dia, NTB adalah daerah wisata. Maka tentu mengharapkan kedatangan para wisatawan. Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat agar tidak berlebihan dalam menyikapi segala sesuatunya, terutama soal virus corona.

Baca Juga:  Bawaslu NTB Ajak Media Tangkal Hoaks dan Edukasi Masyarakat

“Kita ini daerah wisata. Tentu berharap para wisatawan akan terus banyak datang ke tempat kita. Sampai sekarang tetap berdatangan seperti biasa lewat pesawat dan lewat pelabuhan-pelabuhan seperti ke Gili Trawangan dan lainnya,” kata Gubernur Zul, Ahad (7/3).

“Terus kalau kapal pesiar mau mendarat dan ingin ke tempat kita apa salahnya? Apalagi kalau kapal-kapal tersebut datang dari daerah-daerah yang tidak terkontaminasi wabah corona. Kalau viking sun yang dikhawatirkan ada yang terjangkit sudah diperbolehkan di Bali. Tentu kita hrs waspada dan jaga-jaga. Karenanya prosedur agak ketat tentu sudah kami sampaikan ke instansi terkait seperti Dikes, RSUP dan lainnya untuk berhati-hati dan extra ketat mengawasi bahkan mengecek ke dalam kapal sebelum mereka turun,” tambah Zul menerangkan.

Baca Juga:  21 Unit Bank Pakan Terbangun

Orang nomor satu di NTB itu juga menegaskan bahwa peralatan dan tenaga medis di NTB sudah sangat siap. Terlebih kata dia dalam rangka menyambut Medical Tourism.

“Pesan yang ingin kami sampaikan bahwa peralatan dan tenaga medis kita sangat siap dalam rangka menyambut Medical Tourism. Wisatawan kita terima, masyarakat sehat dan bebas corona,” katanya.

“Kalau mau tolak kapal pesiar ya kita harus konsisten tolak yang di bandara, di gili trawangan dan lain-lainnya. Jangan karena di WA (WhatsApp) grup ada horor story dan viral tentang di kapal, kita jadi kehilangan kejernihan (dalam berfikir positif). Tapi waspada dan hati-hati saya sangat setuju,” demikian Gubernur NTB.

Baca Juga:  Jalan Produksi Kalaju Teluk Santong Segera Dibangun

Untuk diketahui, kapal pesiar yang mengangkut wisatawan internasional, Viking Sun akan berlabuh di Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat pada 11 Maret 2020 mendatang.

Hal yang sama juga dengan Kapal Viking Orion akan singgah di Lombok pada 4 April 2020. Itu akan berlanjut dengan kedatangan kapal pesiar lainnya beberapa bulan seterusnya. (red)