Beranda HEADLINE Tangani COVID-19, BNPB Salurkan 1.500 APD untuk NTB

Tangani COVID-19, BNPB Salurkan 1.500 APD untuk NTB

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Berupaya maksimal, itulah yang terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi NTB. Terlebih pada situasi dan kondisi saat ini soal Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Nampaknya usulan Pemprov ke pihak puasat terkait penambahan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas medis di NTB membuahkan hasil.

Pasalnya, oemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyetujui usulan tersebut. Bahkan dalam waktu dekat ini, APD itu akan disalurkan oleh BNPB melalui BPBD NTB.

“Surat permintaan Gubernur untuk penambahan APD sudah disetujui. Sekitar 1500 unit APD disiapkan BNPB saat ini sedang diurus Kepala Perwakilan NTB di Jakarta dan segera dikirim menggunakan Cargo Udara,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD NTB, H Ahsanul Khalik, Jum’at (27/3) di Mataram.

Berita Terkait:  Hebat, Sampah Disulap Jadi Energi Alternatif

Menurut dia, pengiriman melalui cargo udara paling cepat bisa tiba 1 April mendatang. Itu dikarenakan, kondisi penuh. Meski demikian, pihaknya mengaku terus melakukan komunikasi, agar dapat diupayakan sesegera mungkin.

“Kita masih komunikasikan pengiriman via darat, agar lebih cepat. Tapi masih dipertimbangkan soal pengamanan dan keamanannya,” ucap mantan Kepala Dinas Sosial NTB itu.

Selain itu pula, pria yang kerap disapa AKA itu menjelaskan, BPBD NTB juga telah menjalin komunikasi dengan Komisi VIII DPR RI yang kabarnya akan membantu penambahan APD untuk NTB.

Berita Terkait:  Alasan Pemerintah Tidak Memilih Lockdown

“Saya hari ini sudah komunikasi juga dengan pak Nanang Samodra yang kebetulan di Komisi VIII DPR RI. Beliau juga akan komunikasi dengan Sestama BNPB, semoga ada tambahan nantinya kalau Pak Nanang Samodra bisa akses ke BNPB,” ujarnya.

Sebelumnya sejumlah APD juga sudah tersalur di NTB. Bantuan dari pemerintah pusat juga sudah ada yang diterima. Kepala Dinas Kesehatan NTB, Nurhandini Eka Dewi mengatakan, semua unit pelayanan kesehatan di NTB sebenarnya sudah punya APD yang tersedia.

Berita Terkait:  Ketua DPRD NTB : "Jangan Dianggap Remeh COVID-19 Ini"

Namun kebutuhan ini masih sangat terbatas dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini. “Jadi sekecil apapun bantuan sangat berguna bagi kita semua. (Sebelumnya) APD semua (sarana kesehatan) punya, cuma dalam jumlah terbatas karena situasi sekarang kan pandemi, jadi (kebutuhannya) kan berbeda,” kata Eka.

Menurutnya, saat ini sejumlah APD bantuan dari pusat sudah mulai datang, dan diharapkan bisa membantu NTB dalam penanganan Covid-19 di daerah ini. “APD dari pusat sudah mulai datang. Insya Allah kita bisa bekerja dengan lebih baik,” tutup Nurhandini Eka Dewi. (red)