Beranda HEADLINE Sebanyak 102 Jerigen Miras Jenis Sofi Berhasil Diamankan

Sebanyak 102 Jerigen Miras Jenis Sofi Berhasil Diamankan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, BIMA — Kinerja Tim Opsnal Sat Intel Brimob Polda NTB patut diancungi jempol. Pasalnya, mereka berhasil mengamankan 102 jerigen minuman keras jenis ‘sofi’ pada Rabu (22/1).

Dikonfirmasi Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto membenarkan adanya hal tersebut. “Iya benar, tadi (sudah diamankan),” ujarnya kepada media ini.

Diterangkannya, bahwa 102 jerigen miras itu setara dengan 3.195 liter. Pengamanan itu dilakukan oleh pihak kepolisian tepatnya di Desa Rore, Kecamatan Langgudu, Bima.

Miras tersebut lanjut Artanto diduga diselundupkan oleh pria yang berinisial MY (52) dari Kabupaten Labuan Bajo Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggunakan jasa angkut perahu kayu.

Berita Terkait:  Johan Gandeng Yayasan 1991 Lakukan Penyemprotan di Sejumlah Rumah Ibadah

Diketahui MY adalah seorang petani warga Desa Naru, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima. “MY dan barang bukti lainnya sudah diamankan,” ungkap Kabid Humas Polda NTB.

Adapun kronologisnya, pada Ahad lalu, Tim Opsnal Sat Intel Brimob mendapat informasi masyarakat terkait adanya upaya penyelundupan miras jenis sofi dalam Jumlah Besar.

Mendapat informasi tersebut, anggota intel melaporkan ke atasannya yaitu Kasi Intel Brimob. Tanpa lama, Kasi Intelmob pun langsung mengerahkan tim untuk melakukan pendalaman terkait informasi tersebut.

Berita Terkait:  HBK Ancam Copot Kader yang Bermanuver Liar

“Dari hasil pendalaman tim di prediksikan Miras Jenis Sofi tersebut akan di bongkar di sekitar wilayah Kecamatan Langgudu, Bima dari perahu menggunakan mobil mini bus. Kemudian tim terbagi menjadi 3 yakni lewat Jalur Sape, Jalur Langgudu dan Jalur perahu kayu milik nelayan guna menutup akses keluar masuk nya miras tersebut,” ungkap Artanto.

“Sekitar pukul 01.30 Wita tim langsung mendekati perahu yang mencurigakan tersebut dan kemudian memeriksa isi muatan perahu kayu itu. Dari hasil penggeledahan, tim berhasil menemukan Miras Jenis Sofi tersebut dan langsung mengamankan nya di Mako Batalyon C Pelopor. Kemudian pelaku dan barang bukti selanjutnya diserahkan ke Sat Res Narkoba Polres Bima Kota untuk dilakukan proses lebih lanjut,” tambahnya menjelaskan.

Berita Terkait:  Suami Tebas Istri Ketahuan "Wik-Wik" dengan Pria Lain

Lantaran maraknya peredaran miras jenis sofi yang di selundupkan dari Labuan Bajo NTT merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya kasus penganiayaan. Tak hanya itu, juga konflik sosial/horizontal maupun gangguan kamtibmas lainnya.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama dengan kepolisian menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah masing-masing,” demikian ajak Kombes Pol Artanto. (red)