Beranda HEADLINE Ipda Uji Dikenal Baik dan Ramah, Isak Tangis Warnai Pemakamannya

Ipda Uji Dikenal Baik dan Ramah, Isak Tangis Warnai Pemakamannya

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Sabtu (11/7) kemarin sekitar pukul 10.00 Wita, Uji Siswanto (Alm) telah dimakamkan, tepatnya di tempat pemakaman umum (TPU) Mesan Gali, Desa Tengah, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, NTB.

Upacara pemakaman terhadap sosok polisi yang dikenal ramah dan santun itu, dipimpin langsung oleh Kapolres Sumbawa. Isak tangis istri dan anak, termasuk keluarganya menjadi warna pemakaman Kanit Reskrim Polsek Utan itu.

Bahkan nampak, masyarakat berbondong-bondong menghantarkan jenazah perwira polisi yang dikenal sangat humanis tersebut di peristirahatan terakhirnya.

Ipda Uji Siswanto menghembuskan nafas terkhirnya setelah dianiaya oleh seorang residivis. Ia mengalami sejumlah luka sabetan di sekujur tubuhnya, dan mengakibatkan anggota Polri itu meninggal dunia.

Sebelum disemayamkan, jenazah Uji Siswanto diserah terimakan dari pihak Polres Sumbawa ke keluarganya dirumah duka. Kemudian disholatkan dan dimakamkan.

Berita Terkait:  Gubernur NTB Tindak Lanjuti Rekomendasi KASN

Mengingat Uji Siswato merupakan abdi negara, tembakan Salvo pun menandakan penghormatan terakhir untuk pria tersebut.

Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra SIK mengatakan, almarhum telah mengabdikan diri sebagai anggota Polri selama 28 tahun. Selama ia menjadi abdi negara, ia dikenal sebagai anggota yang baik, dan disiplin.

Setiap ada permasalahan masyarakat, lanjut Kapolres Sumbawa, almarhum selalu mengedapankan upaya penyelesaian masalah dengan pola kekeluargaan, yakni melalui mediasi.

“Kita lihat warga yang hadir di pemakaman ini sangat banyak. Mereka keluar rumah hanya ingin mengantakran almarhum ke tempat peristirahatan terakhirnya,” kata Widy.

“Dari sini kita bisa lihat kalau almarhum adalah orang baik dan bisa diterima oleh masyarakat. Kami sangat merasa kehilangan. Dia personil terbaik,” demikian Kapolres Sumbawa menambahkan.

Berita Terkait:  Pilkada Sumbawa, TGB Instruksikan NW Menangkan Mo-Novi

Sementara itu, Jamhur Husain paman almarhum, menyampaikan, bahwa semasa hidupnya, almarhum dikenal baik dan ramah. Baik dikehidupan seharinya sebagai masyarakat, maupun sebagai anggota kepolisian. “Semoga pelaku segera ditangkap,” tutupnya.

PELAKU AKHIRNYA TERTANGKAP

Sebagaimana diberitakan pagi tadi, pelaku pembunuhan yang menimpa korban Kanit Reskrim Polsek Utan, IPDA Uji Siswanto akhirnya tertangkap.

SH alias Bim ditangkap di wilayah Dusun Bangsal, Desa Labuan Alas Kecamatan Alas, Sumbawa, Minggu (12/7/2020) sekitar pukul 7.30 WITA.

Saat ditangkap SH melakukan perlawanan, sehingga beberapa tembakan diarahkan ke tubuhnya.

Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra SIK yang didampingi Kasat Reskrim, IPTU Akmal Novian Reza SIK dalam jumpa pers di Rupatas (Ruang Rapat Terbatas), membenarkan penangkapan tersebut.

Berita Terkait:  2.297 Kasus HIV/AIDS di NTB

Dikatakan, penangkapan ini dilakukan oleh Timgab Polres Sumbawa yang diback-up Tim PUMA Polda NTB.

Saat itu, tersangka hendak menyeberang ke luar Pulau Sumbawa melalui Labuan Alas.

Karena Covid, lalulintas perahu nelayan yang biasa melaut terlihat sepi. Ketika mendapat informasi, Tim ke TKP mengepung tersangka.

Mengetahui dirinya dikepung, tersangka berusaha kabur sembari melakukan perlawanan. Tersangka saat itu dilengkapi senjata tajam.

Terpaksa tim melepas tembakan. Satu kali tembakan tak juga mampu melumpuhkan tersangka.

Setelah dihadiahi beberapa kali tembakan, tersangka ambruk. “Kami melakukan tindakan tegas terukur, karena tersangka melakukan perlawanan,” kata Kapolres.

Kini tersangka dalam perawatan medis di RSUD Sumbawa, dan dijaga ketat 8 orang anggota dari beberapa fungsi. (red)