Beranda HEADLINE Gempa M 6,7 Guncang Malang, Terasa Hingga NTB

Gempa M 6,7 Guncang Malang, Terasa Hingga NTB

BERBAGI

MATARAM — Gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,7 mengguncang wilayah Malang, Jawa Timur (Jatim). Gempa ini tidak menimbulkan tsunami. Berdasarkan keterangan tertulisnya, BMKG melaporkan gempa ini terjadi pada Sabtu (10/4) sekitar 14.00 WIB.

Titik kordinat gempa terjadi pada 8.95 Lintang Selatan, 112.48 Bujur Timur. Episenter gempa berada di 90 kilometer barat daya, Kabupaten Malang, Jatim. Adapun kedalaman gempa, yakni 25 kilometer. Belum diketahui ada atau tidaknya dampak dari gempa ini. Begitu juga dengan korban jiwa.

Untuk diketahui, guncangan gempa yang terjadi di Kabupaten Malang, Jatim ini juga dirasakan diwilayah NTB. Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi yang dikonfirmasi media ini juga membenarkan. “Iya benar (terjadi gempa bumi M 6,7 di Malang, Jatim). (Guncangannya) terasa dibanyak lokasi (Termasuk di NTB),” ujarnya.

Berita Terkait:  Jual Benih Jagung Bantuan Pemerintah, Dua Orang asal Desa Penyaring Diamankan Polisi

Untuk sementara, lanjut pria yang kerap disapa Ardhi ini, guncangan terasa di Lombok Utara, Sumbawa II MMI, Lombok Barat dan Mataram III MMI. “Masih kita cek, untuk (info) sementara ini,” demikian dikatakan Kepala Stasiun Geofisika Mataram secara singkat.

Sekedar informasi, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG-Bambang Setiyo Prayitno mengatakan bahwa gempa tektonik terjadi di wilayah Selatan Jawa. “Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M=6,7 kemudian diupdate menjadi magnitudo Mw=6,1,” ujarnya.

Berita Terkait:  Gubernur NTB : Rawatlah Tambora, Tebarkan Kebaikan bagi Dunia!

Kepada masyarakat, pihaknya mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” tutupnya.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Turen V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun), Karangkates, Malang, Blitar IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Kediri, Trenggalek, Jombang III-IV MMI, Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Yogyakarta, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Banjarnegara II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). (red) 

Berita Terkait:  Dinas PUPR NTB Diminta Segera Atasi Jalan Putus Kuta-Awang