Beranda HEADLINE Dihadiri Arief Budiman, KPU NTB Luncurkan Rumah Pintar Pemilu Berbasis Digital

Dihadiri Arief Budiman, KPU NTB Luncurkan Rumah Pintar Pemilu Berbasis Digital

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Sabtu (15/02), KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat secara resmi meluncurkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Bale Pemilu berbasis Digital.

Acara peluncuran itu turut dihadiri Ketua KPU RI, Arief Budiman, Gubernur NTB diwakili Asisten II Setda NTB, Ridwansyah, Karo Humas dan Protokol Setda NTB, Najamuddin Amy, Ketua KPU NTB, Suhardi Soud, Bupati Lotim, Sukiman Azmy serta pihak KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota lainnya.

Dikesempatan itu, Ketua KPU NTB, Suhardi Soud mengungkapkan, KPU NTB dipilih oleh KPU RI sebagai salah satu KPU Provinsi yang memelopori kehadiran RPP Digital.

Dari 34 Provinsi di Indonesia, RPP Digital ditargetkan terwujud di 10 Provinsi. Sementara di daerah lain kata dia, RPP masih bersifat manual.

Dengan adanya RPP Digital, lanjut Suhardi Soud, diharapkan masyarakat bisa lebih mudah mengakses beragam informasi tentang kepemiluan dan pendidikan demokrasi.

Rumah Pintar Pemilu, merupakan program yang disediakan oleh KPU, baik KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota.

“RPP sebelumnya manual, dan sekarang sudah digital. Ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dan kesan pemilu tidak lagi jauh tapi skarang malah jadi dekat,” kata Mantan Ketua KPU Sumbawa itu.

Berita Terkait:  Minimalisir COVID-19 di NTB, Zul : Kita Punya Dua Opsi 

Tak lupa juga, Suhardi Soud dihadapan Ketua KPU RI menyampaikan, kesiapan teramat dalam melaksanakan Pilkada yang bakal berlangsung di tujuh kabupaten/kota lingkup NTB.

“Yang paling pennting, melalui kesempatan ini kami ingin menyampaikan bahwa untuk kesiapan Pilkada di NTB baik dari sisi kesiapan teknis maupun anggaran sudah sangat siap,” kata Suhardi.

Suhardi Soud juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur atas support nyata Pemprov NTB selama ini. Begitupun dengan Bupati Lombok Timur yang telah menghibahkan tanah dan sejumlah bangunan untuk ketersediaan Kantor KPU di Lotim.

“Kepada pak gubernur terimakasih atas supportnya selama ini. Begitu juga kami ucapkan terimakasih kepada pak bupati lotim atas perhatiannya yang telah memberikan fasilitas lokasi kantor (KPU) di Lotim,” ucapnya.

Usai memberikan sambutan, juga dilakukan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Kantor KPU Lotim.

Bupati Lombok Timur, H Sukiman Azmy menjelaskan, penyerahan lokasi untuk Kantor KPU Lotim berdiri diatas tanah seluas 44 Are bersama lima bangunan gedung lainnya dengan nilai Rp 2,5 miliar.

Ini kata dia, juga sebagai wujud komitmen dari Pemda Lotim dalam mendukung kelancaran tugas KPU yang ada di Kabupaten Lombok Timur.

Berita Terkait:  Sumbawa Lakukan Tes Swab Covid-19 Massal

“Ada lima bangunan layak pakai diatas tanah seluas 4.400 meter persegi, dimana lokasi itu berdampingan dengan instansi lainnya,” terang Bupati Azmy dihadapan Ketua KPU RI dan Ketua KPU NTB serta hadirin.

Orang nomor satu di Lotim itu juga mempersilahkan Ketua KPU RI untuk berkenan hadir menikmati keindahan destinasi wisata yang ada di Lotim.

“Lombok timur juga sangat indah pak, untuk itu kami mengundang secara resmi ke lombok timur,” demikian ajaknya sembari mempromosikan destintasi wisata Lotim.

Srmentara itu, Gubernur diwakili Asisten II Setda NTB, Ridwansyah memuji dan berterimakasih kepada Bupati Lotim yang begitu perhatian mensupport kiat pemilu.

Pemprov kata dia sebagaimana semangat Bupati Lotim, bahwa Pilkada di NTB harus sukses. “Bertambah kesyukuran kita, karena KPU NTB jadi pilot project. Ini semua menambah keyakinan kita bahwa KPU kita terus bekerja. Suksesnya kinerja KPU adalah partisipasi masyarakat meningkat dan yang lebih pentingnya lagi peningkatan pemahaman masyarakat, tentu dengan adanya RPP Digital ini diharapkan lebih maksimal,” kata Ridwansyah.

Berita Terkait:  Pembangunan RSUD Ditunda, Rp 21 Miliar Dialihkan Tangani COVID-19

Terkahir, ia juga mengungkapkan bahaa NTB khusus di Lombok Tengah kini sedang bergerak cepat menyelesaikan seluruh infrastruktur dan menyiapkan masyarakat guna menyambut perhelatan akbar MotoGP 2021 mendatang.

Masih dikesempatan yang sama, Ketua KPU RI, Arief Budiman secara singkat berterimakasih kepada seluruh tim yang telah mempersiapkan RPP Digital. Dimana RPP itu telah digagas dan dipersiapkan dari tiga tahun lalu.

Kehadiran RPP Digital ini kata dia, sekaligus menjawab tantangan zaman tehnologi yang kian maju dengan pesat. Sehingga menurur dia, RPP perlu dilakukan pengembangan yang semula manual kini berubah jadi digital.

“Kenapa hanya 10 (provinsi jadi pilot project) dulu, karena memang anggarannya terbatas, uang KPU tidak banyak. Intinya KPU terus bekerja dan kami harap mudah-mudahan dengan di luncurkan RPP digital ini dapat memberikan keberkahan bagi kita semua,” tutup Arief Budiman.

Sekedar informasi, Gubernur sebelumnya telah menyambut langsung Ketua KPU RI di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) tepatnya Ruang VIP BIZAM di Lombok Tengah. Pertemuan itupun berlangsung hangat. (red)