Beranda EKBIS Tuntas November, Perpanjangan Runway Bandara Mulai Dikerjakan

Tuntas November, Perpanjangan Runway Bandara Mulai Dikerjakan

BERBAGI
Kepala Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa, Sutarmin.

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Proyek perpanjangan landasan pacu (runway) Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa mulai dilakukan pekerjaan persiapan. Proyek bernilai belasan miliar rupiah ini ditargetkan tuntas pada akhir tahun ini.

Kepala Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa, Sutarmin menyampaikan, perpanjangan landasan sudah dilakukan kontrak. Saat ini sedang dilakukan pekerjaan persiapan seperti membuat jalan masuk, pengukuran awal untuk soft drowing. Pengerjaannya dilakukan oleh PT Aria Jaya dan direncanakan selesai selama delapan bulan.

Berita Terkait:  Peserta Membludak, KAHMIPreneur Kembali Gelar YES 2019

“Sekarang sudah mulai pekerjaan persiapan di lapangan.  Jadi nanti pekerjaan kita rencanakan 8 bulan terhitung dari bulan Maret sampai bulan 11.  Insya Allah tahun ini selesai,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (21/5).

Diungkapkannya, landasan pacu Bandara Sumbawa ditambah 150 meter. Sehingga dari yang awalnya 1.650 menjadi 1.800 meter. Proyek ini memakan anggaran sekitar Rp 19 miliar lebih. Dalam pekerjaannya, tidak ada yang terlalu sulit. Hanya saja apabila sudah mulai konstruksi, pekerjaan akan sedikit terkendala pada waktu operasional di bandara.

Berita Terkait:  Perusahaan Ubur-ubur Serap Garam Labuhan Bontong

“Saya rasa tidak ada pekerjaan yang terlalu sulit. Paling kendalanya nanti saat jam operasional, pelaksanaan pekerjaannya akan terhenti sementara. Paling kita fokusnya di pekerjaan setelah jam operasional. Apabila sudah mulai masuk kontruksi. Jadi nanti kita ngatur pada saat jam tidak ada pesawat, mereka masuk. Begitu jam pesawat aja mereka istirahat dulu,” tukasnya.

Dengan diperpanjangnya landasan pacu bandara, pihaknya berharap nantinya ada beberapa jenis pesawat lainnya akan mendarat di Bandara Sumbawa. Namun hal itu tidak serta merta langsung didarati. Karena kekuatan landasan dan efron belum mencukupi. Makanya di tahun berikutnya pihaknya akan melakukan perkerasan terhadap landasan.

Berita Terkait:  Dekranasda NTB Jaring Designer Muda

“Jadi persiapan awal yang kita lakukan perpanjangan dulu. Untuk tahun berikutnya mungkin kita akan lakukan perkerasan efron, perkerasan landasan,” pungkasnya. (NM3)