Beranda EKBIS Tiga Ribu Hektar Lahan Pertanian Bakal Diasuransikan

Tiga Ribu Hektar Lahan Pertanian Bakal Diasuransikan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA —
Seluas 3000 hektar lahan pertanian di Kabupaten Sumbawa akan diasuransikan untuk mengurangi resiko kerugian apabila terjadi bencana.

Program asuransi ini merupakan kerjasama antara Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa dengan PT. Jasindo dan PT. Jia Agro.

Kepala Cabang Jasindo Mataram, Aldo Al Dustur S.S.,MM mengatakan, Kementerian pusat melalui program Asuransi Usaha Produk Pertanian (AUTP) telah menganggarkan satu juta hektar untuk asuransi di seluruh Indonesia.

Khusus di NTB mendapat jatah seluas 15 ribu hektar dan dibagi secara personal yaitu di Sumbawa 3000 hektar.

Dijelaskannya, asuransi baru dapat diklaim ketika 75 persen lahan petani mengalami kerusakan atau gagal panen yang diakibatkan oleh bencana alam seperti banjir atau kekeringan. Dimana untuk asuransi per satu hektarnya sebesar Rp 6 juta.

Berita Terkait:  Mantap! Koneksikan NTB-Darwin, Gubernur Siapkan Mimpi Besar

“Jasindo ini lebih ke arah untuk pencegahan. Seperti contohnya gagal panen maka ada jasindo yang mengcovernya sebesar Rp 6 juta per hektar. Tapi dihitung secara proporsional. Asuransi jasindo Ini merupakan asuransi usaha tani padi jadi yang punya produk di Jia Agro,” jelasnya.

Direktur PT. Jia Agro Indonesia di Mataram, Ikhlas Suhada S.P.,M.SI M.Si menyampaikan, melalui program ini pihaknya akan memberikan premi sebesar Rp 36 ribu per hektar kepada petani yang ditanggung oleh pihaknya.

Berita Terkait:  Doktor Zul : Saatnya Bangun NTB dengan Ilmu dan Tekhnologi!

Selain itu pihaknya juga berkewajiban memberikan bimbingan dan pendampingan kepada petani dalam melakukan usaha tani. Namun petani dianjurkan menggunakan produk miliknya.

“Tentu dengan mengunakan metode pertanian sehat yang ingin di kembangkan dan di anjurkan dengan mengunakan pupuk Nutrisil dan orin dan juga bisa di kombinasikan dengan pupuk Urea maksimal hanya 2 sak perhektar dan kalau jagung bisa 1 sak perhektar. Dan kita dari PT Sudah menyedikan Buku Saku untuk itu dan untuk Kabupaten Sumbawa Hanya 3000 hektar yang masuk dalam program se Kabupaten Sumbawa,” ujarnya.

Berita Terkait:  Kabar Gembira, THR ASN Dipastikan Cair Pekan Ini

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Ir. Talifuddin mengatakan, dalam program ini pihaknya hanya sebagai fasilitasi.

Termasuk juga akan mensosialisasikan terkait pupuk dan asuransi yang digunakan, karena yang disasar yaitu kelompok tani.

“Harapannya dengan adanya kerjasama ini, pupuk bersubsidi terbatas 50% paling tinggi dan petani saat ini susah dan sekarang ada artenatif untuk memenuhi kebutuhan pupuk yang dibutukan oleh para petani dengan cara mengunakakan pupuk Cair Nutrisil dan orin,” tukasnya. (NM3)