Beranda EKBIS Tersisa 23 Desa Belum Cairkan DD

Tersisa 23 Desa Belum Cairkan DD

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Hingga akhir April ini, belum semua desa di Kabupaten Sumbawa melakukan pencairan dana desa (DD) tahap pertama tahun 2019. Ini dikarenakan masih adanya desa yang belum memasukkan APBDesnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro, S.Sos,. M.Si mengatakan, dari 157 desa yang ada, terdapat 23 desa yang belum mencairkan DD tahap pertama.

Desa-desa tersebut diakuinya belum memasukkan APBDes yang menjadi persyaratan pencairan.

“Yang belum mencairkan ada 23 desa dari 157 desa. Yang belum ini terkendala masalah penyusunan APBDesnya yang belum tuntas,” ujarnya, Kamis (5/2)

Berita Terkait:  Seluruh Desa di NTB Harus Ramah Investasi

Menurutnya, berdasarkan ketentuan, pencairan tahap pertama dilakukan bulan Maret sampai Juni. Kemudian tahap kedua hingga bulan Juli dan tahap ketiga ditetapkan pada Juli.

Jika dilihat dari segi waktu, memang belum terlambat. Makanya pihaknya mendorong desa-desa yang belum agar segera menyelesaikan penyusunan APBDes.

“Alhamdulillah ada kemajuan dari tahun sebelumnya. Di waktu yang sama tahun kemarin, banyak desa belum mencairkan. Tetapi sekarang tinggal 23 desa. Artinya sudah sekitar 80an persen kita selesaikan. Terhadap yang belum kita genjot untuk mempercepat,” terangnya.

Berita Terkait:  Ayo ke NTB, Akses Makin Luas dan Ramah Investasi

Adapun dua desa, lanjutnya, pencairan DD tahap pertama ditunda berdasarkan rekomendasi Inspektorat.

Penundaan  ini karena adanya temuan yang harus diselesaikan dari pekerjaan tahun sebelumnya.

Pihaknya juga terus mendorong dua desa ini menindaklanjuti temuan tersebut, supaya bisa segera mencairkan anggaran dana desanya.

“Terhadap dua desa berdasarkan rekomendasi Inspektorat ditunda DD tahap pertama. Tetapi untuk siltap perangkat desa kita keluarkan. Kita harapkan kedua desa agar dapat menyelesaikan apa yang menjadi temuan. Supaya bisa segera dicairkan dana desanya,” tandasnya. (NM3) 

Berita Terkait:  11 Lumbung Pangan di Sumbawa “Mati Suri”