Beranda EKBIS Sejumlah Desa di Sumbawa Masih Lalai Bayar Pajak

Sejumlah Desa di Sumbawa Masih Lalai Bayar Pajak

BERBAGI
Inspektur Inspektorat Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Baharuddin, M.M

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Sejumlah desa di Kabupaten Sumbawa masih lalai dalam melakukan pembayaran pajak. Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan reguler yang dilakukan Inspektorat Kabupaten Sumbawa terhadap penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2018.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Baharuddin, M.M menyampaikan, pemeriksaan reguler terhadap DD tahun 2018 masih berlangsung.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan terdapat sejumlah temuan. Diantaranya ada sejumlah desa yang masih lalai  membayar pajak. Kemudian terdapat volume pekerjaan yang belum disempurnakan.

Berita Terkait:  Kembangkan Inovasi Digital Valley, ITDC Diminta Siapkan Cluster Khusus

“Pemeriksaan reguler untuk DD 2018  belum selesai semuanya. Temuannya ada terkait pajak yang telat dan ada kelalaian. Ada beberapa desa yang belum mengerti tentang kewajibannya. Termasuk beberapa pekerjaan yang belum sempurna,” ujarnya kepada wartawan, Senin (12/8).

Menurutnya, terhadap sejumlah temuan pihaknya sudah meminta kepada desa untuk menindaklanjuti. Bagi yang masih lalai dalam pembayaran pajak sudah diminta untuk melakukan pembayaran. Begitupula terkait volume pekerjaan juga sudah diminta untuk disempurnakan.

“Temuannya terkait pajak kita suruh segera setor. Pekerjaan yang belum sempurna, kita minta sempurnakan. Kalau ada kerugian, kita suruh segera kembalikan,” terangnya.

Berita Terkait:  KPPN Sumbawa Dorong Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah

Pihaknya melakukan pemeriksaan sekaligus pembinaan terhadap desa. Hal ini supaya penggunaan dana desa dapat dipergunakan sesuai dengan ketentuan. Karena anggaran besar tersebut dihajatkan untuk mensejahterakan masyarakat di desa.

“Kita  minta agar bekerja sesuai dengan aturan dan petunjuk. Karena pola sekarang beda dengan sebelumnya. Artinya kita lebih kepada pencegahan. Inspektorat bukan mencari kesalahan. Tetapi jika terdapat kekeliruan dan kelalaian mereka (desa), kita minta untuk disempurnakan dan memberikan pemahaman kepada mereka bahwa yang dilakukan tidak sesuai aturan. Kalau bisa jangan diulangi untuk tahun depan,” pungkasnya. (NM3)

Berita Terkait:  Keren, Emak-Emak Sulap Limbah Kepiting Jadi Duit!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here