Beranda EKBIS Ratusan Pelaku UMKM NTB Diberikan Pelatihan

Ratusan Pelaku UMKM NTB Diberikan Pelatihan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTB menggelar pelatihan Capacity Building pada Senin (22/4). Kegiatan ini terlaksana di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram.

Tak kurang dari 355 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) se-NTB mengikuti pelatihan digagas BI Perwakilan NTB itu. Rencananya kegiatan sendiri akan berlangsung selama dua hari kedepan.

Mereka yang mengikuti pelatihan ini rata-rata sudah memiliki usaha, yang sebagian besarnya bergerak di bidang kuliner, fashion dan kerajinan atau craft.

Berita Terkait:  Bulog Sumbawa Segera Miliki Pabrik Penggilingan Beras Modern

Pelatihan ini dimaksudkan meningkatkan pemahaman para pelaku UMKM untuk memasarkan dan melakukan pembayaran produk UMKM mereka melalui teknologi digital.

Apalagi pengguna aktif internet di Indonesia ini mencapai 60 persen dari jumlah penduduk. Termasuk di NTB yang pengguna internetnya mencapai 80 persen.

Adapun tema yang diangkat pada pelatihan ini, yaitu “Mempersiapkan dan Mempercepat Akselerasi Ekonomi dan Keuangan Gigital”.

Dikesempatan itu, Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Zulkieflimansyah mengungkapkan bahwa tidak semua UMKM mengikuti perkembangan zaman.

Berita Terkait:  11 Lumbung Pangan di Sumbawa “Mati Suri”

Hingga saat ini kata dia, baru ada sekitar 36 persen UMKM di Indonesia masih berada posisi Offline atau tidak menggunakan informasi digital.

Sedangkan yang menggunakan system digital ini lanjut Hj Niken, baru sekitar 8 persen, itupun mulai memasarkan hingga pembayaran sudah memanfaatkan digital.

“Itu memerlukan waktu dan effort (upaya) dan kerjasama semua pihak. Banyak potensi yang bisa dipasarkan melalui internet,” demikian ungkap istri Gubernur NTB ini.

Untuk diketahui, selain Ketua Dekranasda Provinsi NTB, pihak Bank Indonesia Perwakilan NTB, dan para pelaku UMKM se – NTB, kegiatan itu turut pula dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah. (NM1)

Berita Terkait:  Doktor Zul Harap Kerjasama di NTB Terus Meningkat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here