Beranda EKBIS Gelar PCM, Pembangunan Pasar Seketeng Segera Dikerjakan

Gelar PCM, Pembangunan Pasar Seketeng Segera Dikerjakan

BERBAGI
Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, M.M.

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWAPaket proyek pembangunan Pasar Seketeng telah memiliki pemenang tender.

Kini kelanjutannya, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) selaku OPD terkait akan menggelar rapat persiapan pelaksanaan kontrak atau Pre Contructin Meeting (PCM).

Ini akan dilakukan bersama penyedia kontruksi, PPK dan sejumlah instansi terkait lainnya. Sehingga dalam waktu dekat, pengerjaannya akan segera dilakukan.

Kepala Bapenda Sumbawa, H. Hasan Basri SE., MM mengatakan, dalam rapat persiapan pelaksanaan kontrak yang dilakukan.

Dimana penyedia konstruksi nantinya akan memaparkan item per item rencana pengerjaan. Setelah pertemuan tersebut memiliki hasil, maka dilanjutkan ke pembuatan surat perintah mulai kerja (SPMK).

“Hari ini kita adakan pertemuan bersama semua OPD terkait pembangunan Pasar Seketeng. Masih kita rapat koordinasi sebelum kita rapat PCM,” ujar kepada wartawan, Kamis (13/6).

Berita Terkait:  130 UKM/IKM Kopi di NTB Siap Berkontribusi dalam JPS III

Diungkapkan H. Bas-akrabnya disapa, penandatangan kontrak kerja dengan penyedia memiliki batas waktu, yakni dari tanggal 15 hingga tanggal 20 Juni.

Sedangkan untuk manajemen kontruksi (MK) pada tanggal 21 Juni. “Maksimal tanggal 21 Juni, tidak boleh lewat dari itu harus sudah tanda tangan kontrak,” jelasnya.

Tanda tangan kontrak pembangunan Pasar Seketeng ini menyatakan bahwa pengerjaan sudah dapat langsung dilakukan. Yakni mulai dari tahap awal, seperti pemagaran dan pembersihan lokasi.

“Paling tidak dimulai dengan pemagaran, pembersihan lokasi lebih dulu, pembangunan kantor atau Direksi Kids nya dulu. Setelah ada kontrak kan mereka langsung action,” tambahnya.

Berita Terkait:  Selamat, DPMPTSP NTB dapat Penghargaan dari Bank Indonesia

Tender pekerjaan fisik pembangunan pasar Seketeng Sumbawa Besar dimenangkan PT Citra Prasasti Konsorindo asal Bekasi Jawa Barat dengan nilai kontrak Rp 54 Miliar.

Untuk pembangunan di tahun anggaran 2019 akan difokuskan bagi penyelesaian pembangunan dua tingkat pada blok (B) dan (C) yang berada dibagian belakang dan tengah pasar.

Sedangkan untuk blok (A) yang berada di depan dengan alokasi anggaran yang ada baru bisa dibangun sebatas pondasinya saja dan rencananya akan dilanjutkan pada tahun 2020 mendatang dengan anggaran sekitar Rp 18 miliar.

Kemudian untuk luas areal pasar seketeng sendiri saat ini sekitar 1,5 hektare, dengan penataan dan desain pembangunannya akan memiliki areal parkir yang cukup representatif di depan 12,5 meter dari ruas jalan utama.

Berita Terkait:  Kabar Gembira, KM Swarna Bahtera Rute Sumbawa-Surabaya Segera Beroperasi

Belum lagi, areal di kiri kanan (samping) dan dibelakang sekitar 6 meter dan nanti akan ada fasilitas Masjid, kantor pengelola, taman, instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

Bahkan ada ruang ibu menyusui dalam kawasan pasar tersebut  dengan konstruksi menggunakan baja ringan.

Sehingga kedepan diharapkan sudah tidak ada lagi yang namanya kemacetan lalulintas dikawasan pasar Seketeng.

Sesuai rencana dari sejumlah kios dan lapak di pasar Seketeng tersebut, maka jumlah daya tampung para pedagang sekitar 2.700 orang. (NM3)