Beranda EKBIS Bupati Husni : Pembangunan Pasar Seketeng Sangat Penting

Bupati Husni : Pembangunan Pasar Seketeng Sangat Penting

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc meletakan batu pertama pembangunan pasar seketeng, Jum’at (19/7) pagi. Meskipun demikian, pengerjaannya sendiri sudah mulai dilakukan oleh penyedia dengan membersihkan lokasi dan memasang pondasi bangunan sejak beberapa waktu lalu.

Dalam sambutannya, H. Husni akrab Bupati disapa menyampaikan, pembangunan pasar seketeng adalah salah satu pembangunan yang sangat penting untuk Sumbawa. Karena berhubungan kuat dengan perekonomian masyarakat.

“Kenapa penting pasar ini, rumah sakit, pasar distribusi. dari sanalah tolak pangkalnya yang namanya kesehatan kita masyarakat. kemudian ekonomi masyarakat kita akan muncul dari pasar yang hebat ini. Mustahil yang namanya ekonomi akan  bangkit dan terungkitkan manakala pasar kita saja tidak memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan. Maka tidak ada lain pembangunan pasar baik distribusi maupun pasar rakyat untuk tempat mengembangkan dan tempat terjadinya sirkulasi ekonomi dari tiada menjadi ada, Dari ada menjadi besar. Kalau ini yang dilaksanakan, maka Insya Allah Sumbawa nanti akan semakin maju,” ujar Bupati.

Berita Terkait:  Gubernur NTB Luncurkan Aplikasi "iLoPETA" 

Selain itu, tambah Bupati, pembangunan Pasar Seketeng termasuk salah satu skala prioritas dimasa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah. Dimana keberadaan Pasar Seketeng memiliki sejarah yang panjang dengan beberapa pimpinan daerah sebelumnya.

“Ketika saya mendapatkan amanah dari rakyat, Alhamdulillah kedua ini menjadi prioritas utama untuk membangun Pasar Seketeng ini. Dan Alhamdulillah dukungan bapak ibu semua terhadap pembangunan pasar seketeng ini saya bersyukur bisa kita wujudkan,” terangnya.

Kedepan, pihaknya mengajak seluruh pihak dan elemen masyarakat untuk bersama-sama mengawal pembangunan pasar seketeng ini. Termasuk juga dengan meminta pendampingan dari TP4D Sumbawa, agar mencegah terjadinya persoalan.

“Dan Pak Kajari saya minta dengan TP4D, mari kita kerjasama betul pihak kepolisian ada di dalamnya, Kajari, kemudian Inspektorat. Kalau ini yang jalan, maka Insya Allah pembangunan akan aman. Kita berkoordinasi. Karena ini satunya pembangunan yang terbesar dari APBD. Mari masyarakat semuanya tolong sering kita datang ke sini melihat dan mengawal pembangunan. Ini hajat besar saya, tidak mau menjadi cidera hanya karena pihak lain,” tukasnya.

Berita Terkait:  Bupati Letakkan Batu Pertama Pembangunan Produksi Kakao Genggelang

Sebelumnya dalam laporan Kepala Bapenda Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri SE.,MM mengatakan, Pasar Seketeng adalah pasar yang pembangunan dan pengelolaannya mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) dan menjadi Pasar Rakyat Modern. Rencananya pasar akan dibangun dua lantai yang terdiri dari tiga blok dengan luas keseluruhan mencapai 22.000 meter persegi.

“Pasar ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang diantaranya musholla, toilet, yang refresentatif sebanyak 16 unit, pengelolaan Air Limbah (IPAL), akses ramah disabilitas, klinik kesehatan, ATM center, laboratorium POM, ruang pengelola lahan parkir, taman serta fasilitas lainnya,” ujarnya.

“Pembangunan pasar akan dibangun dua tahap yaitu tahun 2019 dan 2020. Tahap pertama saat ini akan dibangun blok B dan Blok C sampai tuntas serta pondasi untuk blok A yang kontraktornya, pelaksananya dipercayakan kepada PT. Citra Persada KSO selama 6 bulan kedepan yang kontraknya telah dimulai sejak tanggal 20 juni 2019 sampai dengan tanggal 16 desember 2019. Dengan terbangunnya pasar ini, kesan pasar rakyat yang selama ini identik dengan kondisi kotor, becek, kumuh, dan bau akan hilang karena pasar ini adalah pasar yang akan dibangun dengan prototype sesuai dengan regulasi menteri perdagangan dengan memperhitungkan sirkulasi udara, pencahayaan, air bersih yang bangunan dan pengelolaannya sesuai dengan SNI pasar rakyat modern,” tambah H. Bas-aktrabnya disapa.

Berita Terkait:  Komisi III Rekomendasikan Pemutusan Kontrak PT GTI

Groundbreaking Pembangunan Pasar Seketeng yang ditandaidengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Sumbawa ini dihadiri oleh Ketua TP. PKK Kab. Sumbawa, Anggota Forkopimda Kab. Sumbawa, Para Kepala OPD Kab. Sumbawa, ketua KPU Sumbawa, Para Tokoh Agama dan Masyarakat dan seluruh tamu undangan. (NM3)