Beranda EKBIS BI NTB Bersama RZ Kembangkan Rumah Bibit di Desa Jorok

BI NTB Bersama RZ Kembangkan Rumah Bibit di Desa Jorok

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Sebagai Lembaga Filantropi, Rumah Zakat (RZ) terus menunjukkan komitmennya sebagai lembaga yang konsen pada gerakan pemberdayaan dan aksi-aksi sosial kemasyarakatan.

Ini terlihat dari berbagai kegiatan yang di jalankan dilokasi Program Desa Berdaya (PDB), Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa – Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepada media ini, Fasilitator Program Desa Berdaya, Repi S menjelaskan, setelah tahun lalu fokus pada pendampingan pengembangan usaha rumah tangga, maka tahun ini kegiatan difokuskan pada pemberdayaan berbasis Rumah Bibit.

Kata dia, hal ini sesuai dengan visi Pemerintah Kecamatan Unter Iwes yaitu menjadikan Desa Jorok sebagai Desa Hijau.

Berita Terkait:  Program "Kampung Unggas" Mulai Membuahkan Hasil

Saat ini, Rumah Bibit yang berlokasi di RT 03 RW 03 Dusun Ganinggara Desa Jorok sudah memiliki ratusan polybag Cabai, Terong, Tomat, Seledri, dan lain-lain.

Oleh karena itu, kepada warga yang membutuhkan bibit tanaman keluarga silahkan datang ke Rumah Bibit.

Repi (sapaan karib relawan inpriasi ini) melanjutkan, pembiayaan pengembangan Rumah Bibit ini berasal dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB.

Keberadaan Rumah Bibit disambut baik oleh warga masyarakat dan mulai dikenal luas bukan saja warga yang bermukim di Desa Jorok, tetapi juga oleh warga masyarakat di wilayah Kota Sumbawa Besar. Hal ini terlihat, hampir setiap hari ada kunjungan dari warga masyarakat.

Berita Terkait:  Bupati Husni : Pembangunan Pasar Seketeng Sangat Penting

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTB, Achris Sarwani, yang dihubungi melalui telepon menyampaikan bahwa dalam PDB di Desa Jorok, pihaknya bekerjasama dengan RZ dengan tujuan untuk pengembangan ekonomi daerah.

Dimana giat ini terangnya, termasuk Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), yang direalisasikan melalui pengembangan Rumah Bibit yang menyediakan bibit tanaman hortikultura dan tanaman obat.

Diharapkan dengan adanya Rumah Bibit tersebut, menjadi stimulus bagi pengembangan ekonomi desa, menjadikan masyarakat yang mandiri dan berdaya.

“Selain itu, program ini juga akan memperkuat ketahanan pangan dan mendukung strategi pengendalian inflasi dari sisi ketersediaan pasokan,” tuturnya.

Berita Terkait:  Bupati Fauzan : Pedagang Jangan Naikan Harga!

Program pemberdayaan berbasis Rumah Bibit ini mendapat apresiasi dan atensi dari Pemerintah Kecamatan Unter Iwes.

“Saya sangat terbantu dengan pengembangan Rumah Bibit, karena pola kemitraan dalam pemberdayaan masyarakat ini sangat tepat mengingat tugas memuliakan manusia adalah tanggung jawab kita bersama,” kata Camat Unter Iwes, Evi Supiati.

“Kedepan saya berharap akan semakin banyak program yang dapat kita sinergikan agar bisa mencapai tujuan bersama yaitu mewujudkan masyarakat yang mandiri dan berdaya. Terima kasih BI, yang telah membiayai pengembangan Rumah Bibit ini,” demikian ia menambahkan. (NM1)