Beranda EKBIS 11 Lumbung Pangan di Sumbawa “Mati Suri”

11 Lumbung Pangan di Sumbawa “Mati Suri”

BERBAGI
Kepala Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa, Ir Syafruddin Nur. (Foto/Desain : Roby dan Bobby Maramis)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – Sekitar 11 lumbung pangan di Kabupaten Sumbawa diketahui sudah tidak aktif lagi atau mati suri.

Sehingga Pemkab Sumbawa melalui Dinas Pangan berencana akan segera melakukan evaluasi terhadap lumbung yang tersebar si sejumlah lokasi tersebut.

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa, Ir Syafruddin Nur mengatakan, di Sumbawa terdapat 43 lumbung pangan.

Dari jumlah itu 11 lumbung diantaranya sudah tidak aktif.  Lumbung tersebut tersebar di sejumlah kecamatan, yakni Tarano, Empang, Labangka, Moyo Hilir,  Unter Iwes, Labuhan Badas, Rhee, Utan dan Alas.

Berita Terkait:  Sumbawa Targetkan Pendapatan dari Hasil Cukai Tembakau

“Ada 43 lumbung pangan. Banyak yang mati suri. Bahkan di Labangka tidak ada atap-atapnya,” ujarnya kepada wartawan, Jum’at (10/5).

Diungkapkannya, terhadap lumbung pangan yang mati suri ini, pihaknya akan melakukan inventarisasi terlebih dahulu.

Mencari tahu permasalahannya untuk menentukan langkah selanjutnya. Karena pihaknya berharap keberadaan lumbung pangan ini dapat dimanfaatkan.

“Harapan kita, ini (lumbung pangan) harus bisa berkembang kembali. Kalau memang pengurusnya yang tidak becus, pengurusnya yang kita evaluasi,” tuturnya.

“Kalau memang sarananya ada yang rusak, maka sarana itu yang kita perbaiki. Begitulah langkah-langkah yang akan kita ambil, kita inventarisasi dulu,” imbuh Syafruddin Nur. (NM3)

Berita Terkait:  Wirausaha Muda NTB Harus Optimis