Beranda ADVERTORIAL Tahun Ini, Kemendikbud Bakal Bangun SMPN 4 Utan di Desa Sabedo

Tahun Ini, Kemendikbud Bakal Bangun SMPN 4 Utan di Desa Sabedo

BERBAGI
Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Hasbullah.

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tahun ini berencana membangun SMP baru di Kabupaten Sumbawa.

Sekolah dimaksud adalah SMP Negeri 4 Utan. Lokasinya pun sudah ditetapkan, yakni di Desa Sabedo Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa – NTB.

“Iya betul, tahun ini ada rencana pemerintah pusat bangun SMPN 4 Utan di Desa Sabedo,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, melalui Kabid Pembinaan SMP, Hasbullah, SPd, kemarin.

Di NTB sendiri kata Hasbullah, ada dua SMP yang bakal dibangun oleh pusat. Selain Sumbawa, lokasi lainnya yang masuk dalam usulan pembangunan berada di Kabupaten Bima.

Berita Terkait:  Wagub NTB Terima Konjen China

Namun sepertinya untuk Sumbawa, bakal dibangun tahun ini juga, sebab untuk Kabupaten Bima, masih terkendala lahan.

“Kalau Sumbawa, lahannya sudah tidak ada masalah. Lahannya sudah siap, luasnya hampir satu hektar. Pusat juga sudah meninjau langsung lokasinya. Nanti kalau terealisasi, anggaran pembangunannya dari pusat,” terang Hasbullah.

Usulan pembangunan sekolah tersebut menurutnya, sudah lama disampaikan. Tiap tahunnya tetap diusulakan, karena sekolah baru di wilayah tersebut sudah menjadi sebuah kebutuhan.

Di wilayah bersangkutan sebut mantan Kepala SMP negeri 2 Utan ini, memiliki SD pendukung yang cukup banyak.

Berita Terkait:  Sambut HUT Kodam ke-62, Korem 162/WB Gelar MTQ

Jumlahnya mencapai 6 sekolah, yaitu SDN Meno, SDN Wonogiri, SDN Karang Tenang, SDN Sabedo I, SDN Sabedo II ditambah SDN Bale Brang.

Lulusan dari semua sekolah ini menyebar. Ada yang melanjutkan pendidikan di SMPN 2 Utan, SMPN 1 Utan dan SMPN 1 Rhee.

“Alhamdulillah, semua lulusan SD di sana, semuanya terserap di SMP yang ada saat ini. Cuman yang jadi masalah sekarang, yang tidak punya kendaraan tentunya butuh biaya tambahan jika jarak sekolahnya agak jauh,” kata Hasbullah.

Berita Terkait:  SAMBIRANG AHMADI : SELAMAT HPN 2021

Dengan adanya SMPN 4 Utan nanti lanjutnya, maka masyarakat di sana makin banyak pilihan untuk melanjutkan pendidikan anak-anaknya.

Ia menjamin keberadaan SMPN 4 Utan nanti, tidak akan mengusik keberadaan SMP yang sudah ada sebelumnya, terutama dalam hal penerimaan siswa baru.

“Tujuan utama dari SMPN 4 Utan ini, adalah untuk mendekatkan pelayanan pendidikan,” pungkasnya. (*)