Beranda ADVERTORIAL Tahun Ini, 1007 Warga Belajar Siap Ikuti Ujian Paket

Tahun Ini, 1007 Warga Belajar Siap Ikuti Ujian Paket

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Bukan hanya sekolah formal yang pada Tahun Pelajaran 2018/2019 ini, bakal melaksanakan Ujian Nasional (UN). Sekolah Non Formal pun, juga melakukan hal yang sama.

Bahkan untuk ujian Paket B dan C, warga belajarnya juga melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) layaknya pelajar SMP dan SMA sederajat. Untuk diketahui, UNBK belum berlaku untuk siswa SD termasuk warga belajar Paket A.

Di Kabupaten Sumbawa, seperti disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian PAUD dan PNF, Ida Faridah, SSos, MAcc, tercatat ada sebanyak 18 lembaga yang sudah siap melaksanakan ujian baik Paket C, B dan A.

Lembaga itu adalah PKBM Pantai Selatan. Lembaga ini melaksanakan tiga ujian sekaligus yakni Paket A, B dan C. lokasi ujiannya sendiri di pusatkan di SMAN 1 Lunyuk.

Berita Terkait:  Dirumahkan 14 Hari, Peserta Didik di Sumbawa Diminta Tetap Belajar

Selanjutnya Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Sumbawa di Kecamatan Alas, melaksanakan ujian Paket B dan C, yang di pusatkan di SMAN 1 Alas.

Ada juga PKBM Al Ikhsan (Paket B dan C) di SMAN 1 Alas. PKBM Insan Samawa (Paket C) di SMAN 4 Sumbawa, PKBM Altarabat Mina (Paket C) di SMAN 3 Moyo Hilir, PKBM Bina Bersama (Paket C) di SMK Gunung Galesa, PKBM Tunas Harapan Paroso (Paket B) di MAN 2 Sumbawa, PKBM Kemang Menir (Paket B) di SMPN 3 Moyo Hulu dan PKBM Krisna (Paket B dan C) di SMAN 1 Plampang.

Selain itu ada juga PKBM Mandiri (Paket C) di SMPN 1 Empang, PKBM Saling Pendi (Paket B) di SMPN 4 Badas, PKBM Tekat Cerdas (Paket B) di SMPN 1 Labangka, PKBM Cahaya (Paket B) di SMKN 3 Sumbawa, PKBM Al Amanah (Paket B dan C) di SMPN 1 Maronge, PKBM Cahaya Ilmu (Paket C) di SMAN 1 Orong Telu, PKBM Cikal Bintang (Paket C) di SMPN 2 Utan, PKBM Jabal Nur (Paket C) di SMAN 1 LApe serta PKBM Surya Sekawan (Paket A dan B) di SMPN 1 Lape.

Berita Terkait:  Mitigasi Bencana Merupakan Ikhtiar Meminimalisir Resiko Bencana

“Total peserta ujian Paket A, B dan C kita tahun ini, ada 1007 warga belajar. Paket A 27 warga belajar, Paket B 331 warga belajar dan Paket C 331 warga belajar,” sebutnya.

Untuk jadwal ujiannya kata Ida, sapaan arkabnya, Paket C ujian utamanya tanggal 12—16 April, dan susulan dilaksanakan dari tanggal 26—30 April 2019.

Sementara ujian utama Paket B digelar tanggal 4—12 Mei, dan ujian susulan tanggal 18—19 Mei 2019. Untuk ujian PAket A dilaksanakan bulan April. Namun tanggal pastinya belum diketahui.

Berita Terkait:  Wujudkan Visi Misi Husni-Mo’, Kadis Dikbud Harap Guru Dapat Bekerjasama

Untuk Paket C, mata pelajaran yang diujiankan nanti meliputi PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Geografi dan Sosiologi. Paket B, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS.

“Kalau Paket A mapel yang diujiankan sama dengan SD, yaitu, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA,” kata Ida.

Untuk persiapan lanjut Ida, pihaknya dalam waktu dekat akan berkunjung ke lembaga penyelenggara untuk memberikan pembinaan, terutama bagi lembaga yang belum pernah melaksanakan UNBK.

Dalam pembinaan nanti, diharapkan lembaga yang belum pernah melaksanakan ujian dengan menggunakan perangkat lunak, dapat melakukan simulasi sebelum ujian dilaksanakan agak warga belajarnya tidak kagok. (*)