Beranda ADVERTORIAL Segini Jumlah Peserta UNBK SMP/MTs di Sumbawa

Segini Jumlah Peserta UNBK SMP/MTs di Sumbawa

BERBAGI
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H Sudirman didampingi Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Pembinaan SMP Dinas Dikbud setempat, Sudarli.

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – Tahun ini, peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang SMP/MTs di Kabupaten Sumbawa nampaknya cukup banyak.

Seperti disebutkan Kepala Dinas Dikbud Sumbawa melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang SMP Dinas Dikbud setempat, Sudarli bahwa peserta UNBK SMP/MTs tahun ini berjumlah 7.811 pelajar.

Jumlah tersebut pria yang akrab disapa Darli ini, terdiri dari SMP/MTs Negeri dan Swasta, yang mana tersebar di 132 sekolah penyelenggara.

Dirincikannya, ada 6.062 peserta di SMP Negeri dan 309 pelajar lainnya merupakan peserta ujian dari SMP Swasta.

Berita Terkait:  Disdikbud Sumbawa Perpanjang Masa Libur Sekolah

Sedangkan untuk peserta ujian MTs Negeri berjumlah 597 orang dan MTs Swasta sebanyak 843 orang.

Selain itu, dalam pelaksanaan UNBK, 132 SMP/MTs tersebut ada yang melakukan secara mandiri dan ada pula yang bergabung dengan sekolah lainnya.

Meliputi 62 sekolah secara mandiri terdiri dari SMP 41 sekolah dan MTS 21 sekolah. Kemudian 70 sekolah bergabung terdiri dari SMP 62 sekolah dan MTs 8 sekolah.

“Prosesnya sekarang memang diberi dua pilihan pada UNBK itu ada sifatnya sistem online dan offline. Ternyata semua semua sekolah tidak ada yang mengikuti offline,” kata pria yang hobi bermain tenis meja ini.

Berita Terkait:  Disdikbud Sumbawa Bakal Sosialisasikan Aplikasi RKAS

Mereka yang mengikuti sistem online lebih jauh dijabarkan Darli, ada yang bergabung dengan SMA/SMK. Hal itu dikarenakan, telah terbangunnya kerjasama.

“Jadi memang kerjasama sudah terbangun. Selain itu, berdasarkan surat edaran Kemendikbud, bahwa sekolah yang menggelar UNBK berkewajiban memfasilitasi melaksanakan ujian komputer bagi sekolah yang tidak mempunyai fasilitas,” demikian Sudarli. (*)