Beranda ADVERTORIAL Rawan Bencana Alam, BPBD Bakal Usulkan Anggaran ke Pusat

Rawan Bencana Alam, BPBD Bakal Usulkan Anggaran ke Pusat

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap bencana alam, baik itu banjir, puting beliung, tanah longsor, serta lainnya.

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa bakal mengusulkan anggaran ke Pemerintah Pusat untuk pencegahan bencana.

Demikian diungkapkan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumbawa, Mustari Dahlan kepada wartawan di ruang kerjanya.

Dikatakan, Beberapa waktu lalu pihaknya mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana BNPB dengan BPBD seluruh Indonesia di Kota Surabaya – Jawa Timur.

Berita Terkait:  Promo Lebaran Montana Premier Senggigi 

Pertemuan tersebut dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo. Bahkan dalam pertemuan itu membahas terkait penanganan bencana.

“Belum lama ini saya ke Surabaya, ada rakornas BNPB kaitan dengan bantuan penanganan bencana banjir dan lainnya. Bantuan ini nantinya untuk seluruh Indonesia,’’ ujarnya.

Menurutnya, semua bantuan terkait bencana alam akan diberikan oleh Pusat. Pemerintah Daerah mengajukan proposal untuk bantuan dimaksud. Termasuk untuk pencegahan terjadinya bencana.

“Kita bawa proposal. Nanti kita serahkan untuk mendapatkan bantuan khusus untuk pencegahan. Karena ini menggunakan APBN, bukan APBD,’’ terangnya.

Berita Terkait:  Pentingnya Kolaborasi PPID dalam Penyebaran Informasi

Selain anggaran, pihaknya juga berencana mengajukan penambahan armada untuk penanggulangan bencana, seperti perahu karet juga kendahaan khusus untuk mengangkut barang yang ukurannya lebih besar.

“Semua bencana ini bantuannya dari Pusat. Anggaran bencana ini besar, termasuk imbasnya ke kita. Kita minta tambahan perahu karet, kita minta kendaraan khusus untuk angkut barang yang lebih besar,’’ pungkasnya. (*)