Beranda ADVERTORIAL Pemprov NTB Akomodir 97 Usulan Pemkab Sumbawa

Pemprov NTB Akomodir 97 Usulan Pemkab Sumbawa

BERBAGI
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Junaidi, M.Si.

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Pemkab Sumbawa telah merampungkan usulan perencanaan yang akan menjadi program Provinsi NTB di Kabupaten Sumbawa pada Tahun 2020 mendatang.

Beberapa usulan program Pemkab Sumbawa diselaraskan dengan 5 (lima) prioritas Provinsi NTB pada Musrenbang NTB Tahun 2019 yang diselenggarakan dari tanggal 4-6 April 2019 kemaren di Hotel Lombok Raya Mataram.

Demikian disampaikan oleh Kepala Bappeda Sumbawa Ir. H. Junaidi, M.Si kepada wartawan, Sabtu (6/4) seusai mengikuti seluruh rangkaian Musrenbang NTB 2019.

Berita Terkait:  Salurkan Bansos PKH, Pemkot Mataram Kukuhkan Kampung Siaga 2018

Haji Jun, sapaan akrab Kepala Bappeda Sumbawa mengatakan bahwa usulan Pemkab Sumbawa yang akan menjadi program Provinsi NTB 2020 diusulkan melalui Sistem Aplikasi eNTeBeplan.

Sedangkan usulan ke tingkat nasional menggunakan aplikasi Krisna Selaras yaitu sarana penyampaian usulan penyelarasan dari pemkab/kota baik utk tujuan pemprov maupun pemerintah pusat (APBN).

“Seluruh rangkaian perencanaan tersebut telah dilaksanakan sebelum penyelenggaraan Musrenbang NTB 2019 digelar,” ujar Haji Jun.

Beberapa usulan yang diakomodir dan selaras dengan prioritas Provinsi NTB yaitu Mitigasi Bencana, Pemerataan Infrastruktur dan Konektivitas Wilayahsebanyak 20 Usulan.

Berita Terkait:  Industrialisasi adalah Jawaban Kemakmuran NTB

Prioritas Pembangunan Manusia, Ketahanan Keluarga dan Penanggulangan Kemiskinan sebanyak 26 usulan.

Selanjutnya, untuk prioritas Investasi, Nilai Tambah Ekonomi dan Kesempatan Kerja sebanyak 12 usulan.

Kemudian, prioritas Pelestarian Lingkungan Hidup, Ketahanan Pangan dan Energi sebanyak 24 usulan.

prioritas Transformasi Birokrasi dan Penanganan Masalah Sosial Darurat sebanyak 15 usulan untuk tahun 2020 yang akan dialokasikan ke Kabupaten Sumbawa.

Sesuai data rekap pada aplikasi e-planNTB seluruh usulan tersebut sebesar total  837,17 Milyar Rupiah, belum termasuk usulan peningkatan jalan yang sudah masuk baseline provinsi, belum termasuk juga hibah/bantuan keuangan kepada Pemkab Sumbawa.

Berita Terkait:  Dinas LH Sumbawa Bentuk Tim Gerak Cepat Tangani Sampah

“Alhamdulillah, usulan-usulan Pemkab Sumbawa diakomodir dalam program prioritas Pemprov NTB 2020,” pungkasnya. (NM1)