Beranda ADVERTORIAL OSN SMP/MTs Tingkat Kabupaten Digelar 16 Maret

OSN SMP/MTs Tingkat Kabupaten Digelar 16 Maret

BERBAGI
Kasi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Bidang SMP, Shalahuddin, SH. (Foto Dok. NusraMedia : Bobby Maramis)

“Dinas Dikbud Harap Tidak Ada Lagi Sekolah yang Absen”

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Bukan hanya jenjang Sekolah Dasar (SD) saja yang melaksanakan Olimpiade SAINS Nasional (OSN) tingkat kabupaten. Tingkat SMP/MTs juga menyelenggarakan kegiatan yang sama.

Untuk tingkat SMP/MTs seperti disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, melalui Kasi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Bidang SMP, Shalahuddin, SH, kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 16 Maret mendatang.

Tahun ini, olimpiade yang melombakan tiga mata pelajaran yakni IPA, IPS dan Matematika itu, di pusatkan di MTs Negeri 2 Sumbawa di Kecamatan Empang.

“Sesuai Juknis pusat, kegiatannya cuman sehari saja. Untuk tingkat SMP, tidak ada prates seperti SD. Untuk SMP langsung seleksi tingkat kabupaten,” kata Shalahuddin, kemarin.

Berita Terkait:  Pemprov NTB Siapkan Beasiswa Bagi Kampus Swasta

Untuk peserta, sejauh ini sudah ada setengah dari sekolah yang mendaftar. Pendaftaran peserta sendiri di tutup sampai tanggal 11 Maret nanti. Saat ini masih ada sekolah yang melaksanakan seleksi di tingkat sekolah.

Pria yang akrab disapa Kaka Bho ini berharap, 2019 tidak ada sekolah yang absen. Bila 105 SMP/MTs di Sumbawa, semuanya ikut berpartisipasi, berarti ada sebanyak 315 peserta yang ambil bagian. Untuk diketahui, satu mata pelajaran yang dilombakan nanti akan diikuti 105 siswa.

Ia menegaskan, tidak semua siswa boleh ikut dalam olimpiade ini, terutama yang saat ini duduk di bangku kelas IX. Dinas Dikbud Sumbawa, tidak ingin konsentrasi mereka (siswa kelas IX) menjadi buyar menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN). “Yang boleh ikut itu, hanya siswa kelas VII dan VIII saja,” tandasnya.

Berita Terkait:  H LALU BUDI SURYATA : MOHON MAAF LAHIR & BATHIN

Mengenai soal dalam OSN nanti, pria bertubuh tambun ini mengatakan, masih sama seperti tahun lalu, langsung disiapkan oleh pusat.

Soalnya masih berupa pilihan ganda dan esay. Yang membedakan tahun ini, tingkat kesulitan soalnya agak dinaikkan sedikit. Ini juga nantinya berlaku untuk tingkat provinsi dan nasional.

Dari hasil seleksi OSN SMP/MTs tingkat kabupaten ini kata Kak Bho, yang juga Ketua Purna Paskibraka Sumbawa itu, nantinya akan dipilih 9 siswa terbaik untuk tiap mapelnya, yang akan mewakili Kabupaten Sumbawa ke tingkat provinsi.

Berita Terkait:  Danrem 162/WB Vicon dengan Pangdam IX/Udayana

Untuk OSN tingkat provinsi ia mengaku belum mengetahui kapan digelar. Berdasarkan informasi yang beredar, kegiatan itu akan dilaksanakan sekitar bulan Mei 2019.

Mengingat pentingnya kegiatan ini untuk peningkatan mutu siswa dan sekolah, ia sekali lagi berharap semua sekolah dapat ambil bagian dalam OSN SMP/MTs tingkat kabupaten.

Ia menilai semua sekolah punya kesempatan yang sama untuk meraih prestasi. Dengan dilibatkannya siswa dalam kegiatan semacam ini, paling tidak mereka memiliki pengalaman yang cukup berharga.

“Sebaik apapaun program sekolah, jika siswanya tidak diberikan kesempatan untuk memgembagkan potensinya, maka itu semua menjadi percuma,” demikian Kak Bho. (*)