Beranda ADVERTORIAL Lagi! Diguyur Hujan Lebat, Sejumlah Wilayah di Kota Sumbawa Terendam Banjir

Lagi! Diguyur Hujan Lebat, Sejumlah Wilayah di Kota Sumbawa Terendam Banjir

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Hujan deras kembali mengguyur Kota Sumbawa dan sekitarnya pada Kamis (17/1) sore. Hujan yang terjadi sekitar 3 jam lamanya ini, mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir.

Hujan deras kembali mengguyur Kota Sumbawa dan sekitarnya pada Kamis (17/1) sore. Hujan yang terjadi sekitar 3 jam lamanya ini, mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir.

Berdasarkan pantauan di lapangan, adapun wilayah yang mengalami banjir yakni Asrama Kodim Sumbawa, simpang Kejaksaan, Tambora, Blok M, Pasar Seketeng, Jalan Baru Kelurahan Seketeng dan Karang Dima Labuhan Sumbawa. Dimana ketinggian air ada yang mencapai lutut orang dewasa.

Salah seorang warga di wilayah Jalan Baru, Kelurahan Seketeng, Sukmawati mengatakan jika di wilayah perumahannya tetap mengalami banjir ketika terjadi hujan dengan waktu yang cukup lama.

Berita Terkait:  SMT 2018, Fenita Arie Narasumber Seminar Kepribadian dan Kesehatan

“Lima menit hujan aja sudah banjir apalagi ini yang berjam-jam. Kemarin juga banjir tapi cepat surut, ini kok lama sekali,” ujarnya kepada wartawan. “Ini juga masuk di sebelah rumah saya,” tambahnya

Dandim Sumbawa, Letkol. Inf. Samsul Huda yang ikut memantau langsung di lapangan menyampaikan air naik sekitar Pukul 14.30 di Kelurahan Uma Sima tepatnya Asrama Kodim 1607/Sumbawa karena letak geografis yang lebih rendah.

Ketinggian air diperkirakan sekitar 80 cm. Kemudian selang satu jam curah hujan mulai berkurang,  diikuti penurunan debit air dan air mulai surut.

Berita Terkait:  JKSN Sumbawa Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf

“Kami tetap melakukan koordinasi dengan BPBD Sumbawa. Juga melaksanakan siaga perkembangan ketinggian sungai Samapuin,” terang Dandim.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Sumbawa, Zainal Abidin mengungkapkan banjir yang terjadi di wilayah Kota Sumbawa diakibatkan sistem drainase yang kurang lancar.

Sehingga ketika terjadi hujan maka drainase tidak dapat menampung air dengan debit yang besar.

Ditambahkan, adapun wilayah yang mengalami banjir yakni di sejumlah titik wilayah Kelurahan Uma Sima, Keluarahan Nijang, Kelurahan Sering, Kelurahan Seketeng dan Karang Dima Labuhan Sumbawa.

Berita Terkait:  FWD Life Hadir di Lombok

“Kami tetap melakukan pemantauan di lapangan, melihat perkembangannya,” demikian Zainal Abidin. (*)